Membangun Kepuasan Pelanggan Jamaah Umroh Melalui Aktivitas Komunikasi Pemasaran dan Persepsi Harga

Syafiq Fadlu Rahman, Muchsin Saggaff Shihab, Hammad Hammad

Abstract


Studi ini bertujuan menganalisis bagaimana komunikasi pemasaran, kualitas layanan, dan persepsi harga memengaruhi kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori orde kedua dan partial least square (SOCFA-PLS), penelitian ini melibatkan 856 konsumen yang dipilih secara acak, dengan 90 responden. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran, kualitas layanan, dan persepsi harga secara signifikan dan sebagian memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini mencapai daya penjelas yang tinggi sebesar 96,1%, mengindikasikan model yang kuat. Memperkuat strategi pemasaran melalui aktivitas komunikasi yang efektif menjadi penting untuk kepuasan. Selain itu, meningkatkan kualitas layanan memainkan peran vital. Persepsi harga, yang mencerminkan keadilan, juga berdampak pada tingkat kepuasan. Penelitian ini menekankan interaksi faktor-faktor tersebut dalam membentuk kepuasan pelanggan, memberikan wawasan berharga bagi bisnis untuk meningkatkan strategi dan pengalaman pelanggan.

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


AA, A. (2019, July 26). Gagal Berangkatkan Jemaah Umroh, Travel JMW Dilaporkan. Retrieved from inibalikpapan: https://www.inibalikpapan.com/gagal-berangkatkan-jemaah-umroh-travel-jmw-dilaporkan/

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Abimbola, A. E., Oluwole, B. A., & Kolawole, A. G. (2020). Effect of Integrated Marketing Communications on Customer Satisfaction of Selected Private Universities in South-West Nigeria. International Journal of Marketing Studies Vol 12 (2), 78-84.

Abimbola, A. E., Oluwole, B. A., & Kolawole, A. G. (2020). Effect of Integrated Marketing Communications on Customer Satisfaction of Selected Private Universities in South-West Nigeria. International Journal of Marketing Studies Vol 12 No 2.

Afthanorhan, A., Awang, Z., Rashid, N., Foziah, H., & Ghazali, P. L. (2019). Assessing the Effect of Service Quality on Customer Satisfaction. Management Science Letters 9.

Agustin, K., & Komalasari, E. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Rattan Handmade Pekanbaru. Jurnal Valuta Vol.6 No.2, 97-106.

Albari, & Kartikasari, A. (2019). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyalty. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business Vol 3 No 1, 49-64.

Ali, B. J., Saleh, P. F., Akou, S., Abdulrahman, A. A., Muhamed, A. S., Noori, H. N., & Anwar, G. (2021). Impact of Service Quality on the Customer Satisfaction: Case Study at Online Meeting Platforms. International Journal of Engineering, Business and Management (IJEBM) Vol 5 No 2.

Amryyanti, R., & Sukaatmadja, I. P. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, Dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Lnc Skin Care Singaraja. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol., 22-29.

Andrios, B. (2023, March 31). Kasus Penipuan Jemaah Umrah, Kemenag Apresiasi dan Dukung Langkah Polda Metro Jaya. Retrieved from KemenagRI: http://haji.kemenag.go.id/v4/kasus-penipuan-jemaah-umrah-kemenag-




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.