Pengaruh Brand Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Dengan Mediasi Brand Preference, Brand Trust, Dan Brand Love Pada Generasi Z Dikota Batam

Lily Purwianti, Nia Rusiana, Renza Fahlevi

Abstract


Generasi Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya. Generasi Z merupakan generasi yang menyukai teknologi sehingga mereka bisa mengetahui tentang hal-hal yang beredar di internet dengan cepat. Generasi Z tidak bisa hidup tanpa internet karena mereka lahir dan besar dalam kemajuan teknologi, dan juga dikenal sebagai generasi yang mampu menggunakan internet untuk hiburan, pendidikan, dan pekerjaan. sehingga generasi Z sangat mudah untuk mengetahui perkembangan fashion yang sangat gencar saat ini. Generasi Z juga memiliki kemampuan untuk berpikir secara global dan cerdas, tidak bisa melepas dari smartphone ataupun teknologi lainnya, memiliki pengetahuan finansial yang baik, dan lain-lain. Peneliti memiliki tujuan yaitu menganalisis pengaruh loyalitas merek merek fashion yang sering dipakai oleh generasi Z di kota Batam dengan menggunakan kepuasan merek berperan menjadi variabel independen dengan preferensi merek, kepercayaan merek, dan cinta merek menjadi variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan generasi Z sebagai populasi, berumur 11-26 tahun. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dan intentional sampling, dan jumlah sampel sebanyak 467 responden. Sebagai metode survei, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk Google Forms. SEM (Structural Equation Modeling) adalah metode analisis data dengan menggunakan teknik Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak komputer yaitu SmartPLS. Dalam temuan ini peneliti menunjukkan bahwa penerapan brand satisfaction tidak berpengaruh terhadap brand loyalty merek fashion akan tetapi kepuasan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek dengan peranan mediasi yaitu preferensi merek, kepercayaan merek, dan cinta merek.

Full Text:

PDF

References


Aeni, S. N. (2022). Memahami Karakteristik dan Ciri-ciri Generasi Z - Nasional Katadata.co.id. https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6226d6df12cfc/memahami-karakteristik-dan-ciri-ciri-generasi-z

Al-Haddad, A. (2019). Social Identification, Brand Image and Customer Satisfaction as Determinants of Brand Love. Advances in Science, Technology and Innovation, 255–262. https://doi.org/10.1007/978-3-030-01662-3_28

Anwar Hidayat. (2021, April). Tutorial Partial Least Square dalam PLS SEM.

Atulkar, S. (2020). Brand trust and brand loyalty in mall shoppers. Marketing Intelligence and Planning, 38(5), 559–572. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2019-0095

Cheng, B. L., Gan, C. C., Imrie, B. C., & Mansori, S. (2019). Service recovery, customer satisfaction and customer loyalty: evidence from Malaysia’s hotel industry. International Journal of Quality and Service Sciences, 11(2), 187–203. https://doi.org/10.1108/IJQSS-09-2017-0081

Cuong, D. T. (2020). The influence of brand satisfaction, brand trust, brand preference on brand loyalty to laptop brands. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 95–101. https://doi.org/10.31838/SRP.2020.11.15

Dihni, V. A. (2022). 10 Merek Fesyen Favorit Masyarakat Indonesia, Siapa Juaranya? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/10-merek-fesyen-favorit-masyarakat-indonesia-siapa-juaranya

Dr. Meiryani, S. E. , Ak. , M. M. , M. Ak. , C. (2021, August 12). MEMAHAMI UJI OUTER MODEL (PENGUKURAN BAGIAN LUAR) DALAM SMART PLS.

Fitriani, S. (2022). Trend Fashion Gen Z di Indonesia. https://seru.co.id/trend-fashion-gen-z-di-indonesia/

Ghorbanzadeh, D., & Rahehagh, A. (2021). Emotional brand attachment and brand love: the emotional bridges in the process of transition from satisfaction to loyalty. Rajagiri Management Journal, 15(1), 16–38. https://doi.org/10.1108/RAMJ-05-2020-0024

Hwang, J., Choe, J. Y. (Jacey), Kim, H. M., & Kim, J. J. (2021). The antecedents and consequences of memorable brand experience: Human baristas versus robot baristas. Journal of Hospitality and Tourism Management, 48, 561–571. https://doi.org/10.1016/J.JHTM.2021.08.013

Jamshidi, D., & Rousta, A. (2021). Brand Commitment Role in the Relationship between Brand Loyalty and Brand Satisfaction: Phone Industry in Malaysia. Journal of Promotion Management, 27(1), 151–176. https://doi.org/10.1080/10496491.2020.1809596

Jayani, D. H. (2021). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia

Le, M. T. H. (2020). The impact of brand love on brand loyalty: the moderating role of self-esteem, and social influences. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(1), 156–180. https://doi.org/10.1108/SJME-05-2020-0086

Purwianti, L., & Khoviati, L. S. (2021). ANALYSIS EFFECT OF SERVICE RECOVERY ON CUSTOMER LOYALTY WITH SATISFACTION AND WOM (WORD OF MOUTH) AS MEDIATION VARIABLES AT FOUR-STAR HOTELS IN BATAM CITY. JOURNAL OF BUSINESS STUDIES AND MANGEMENT REVIEW, 4(2), 154–158. https://doi.org/10.22437/JBSMR.V4I2.12524

Purwianti, L., Nuzula Agustin, I., Melodya, D., & Internasional Batam, U. (2023). Analisa Pengaruh Service Quality, Price, Satisfaction, Trust, dan Product Quality terhadap Customer Loyalty Pada UMKM Morning Bakery Di Kota Batam. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3). https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1029

Purwianti, L., Wijaya, C., & Noviani, M. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Pengaruh Repurchase Intention Terhadap Minuman Boba King Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 384–394.

Sanjaya, Y. C. A. (2022). Mengenal Generasi Z dan Karakteristiknya Halaman 4 - Kompas.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/16/205141620/mengenal-generasi-z-dan-karakteristiknya?page=4

Torres, P., Augusto, M., & Neves, C. (2022). Value dimensions of gamification and their influence on brand loyalty and word-of-mouth: Relationships and combinations with satisfaction and brand love. Psychology and Marketing, 39(1), 59–75. https://doi.org/10.1002/MAR.21573




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.