Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri Sejahtera

Devi Silvia, Irwadi Irwadi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri Sejahtera. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Perdana Mandiri Sejahtera adalah sebanyak 97 pelanggan. Untuk pengujian validitas dan reliabilitas digunakan oleh peneliti adalah sebanyak 30 pelanggan. Sebelum model regresi yang diperoleh digunakan untuk menguji hipotesis,terlebih dahulu model tersebut diuji asumsi klasik. Uji asumsi klasik yang dilakukan meliputi: uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Model analisis data ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian sekaligus menjadi kesimpulan penelitian adalah Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri Sejahtera. Kepuasan Pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri Sejahtera. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri Sejahtera.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.