Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Instan dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan

Jennifer Jennifer, Nasar Buntu Laulita

Abstract


 

Dalam dunia bisnis zaman sekarang bisnis semakin lama semakin berkembang pesat hingga masuk ke dunia Internasional dari tahun ke tahun. Dalam berbisnis hal yang selalu jadi pusat perhatiaan para pembisnis adalah loyalitas dari pelanggan dalam membeli produk yang di perjual belikan. Dalam artikel berikut terdapat beberapa pembahas terkait hal yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam kepuasan pelanggan. Beberapa variable tersebut antara lain yaitu kualitas produk, harga dan pelayanan. Penelitian berikut menggunakan metode kuantitatif, yang sampel dari penelitian ini adalah generasi Milenial di Kota Batam, dengan jumlah sampel 271 data yang dikumpulkan melalui Google Forms dan pengolahan data memanfaatkan software SmartPLS 3.2.9.  Temuan penelitian berikut menunjukkan bahwa Kualitas produk, harga dan Pelayanan berpengaruh signifikan yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji data menunjukkan  Kualitas produk dan Pelayanan berpengaruh signifikan yang positif terhadap Loyalitas pelanggan, sedangkan Harga dan Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh positif dengan Loyalitas Pelanggan.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

 

ABSTRACT

In today's business world, business is growing rapidly to enter the international world from year to year. In doing business, the thing that is always the center of attention of business people is the loyalty of customers in buying products that are traded. In the following article there are several discussants related to matters that affect customer loyalty in customer satisfaction. Some of these variables include product quality, price and service. The following research uses a quantitative method, the sample of this study is the Millennial generation in Batam City, with a total sample of 271 data collected via Google Forms and data processing using SmartPLS 3.2.9 software. The following research findings indicate that product quality, price and service have a positive and significant effect on customer satisfaction. Test data shows that product quality and service have a significant positive effect on customer loyalty, while price and customer satisfaction have no positive effect on customer loyalty.

Keywords: Product Quality, Price, Service, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditiya, IIP M. 2022. “Diekspor Ke Banyak Negara, Indomie Masuk Daftar Merek Terpopuler Di Dunia - GoodStats.” 2022. https://goodstats.id/article/diekspor-ke-banyak-negara-indomie-masuk-daftar-merek-terpopuler-di-dunia-2021-znsnU.

Cesariana, Carmelia, Fadlan Juliansyah, and Rohani Fitriyani. 2022. “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3 (1): 211–24. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867.

Cut Emeria, Damiana. 2022. “RI Jadi Raja Mi Instan Di Dunia, Begini Ceritanya.” 2022. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220125060444-4-310096/ri-jadi-raja-mi-instan-di-dunia-begini-ceritanya.

Ghozali, Imam, and Hengky Latan. 2015. “Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris.” 2015. https://onesearch.id/Record/IOS3107.UMS:57482.

Gultom, Dedek Kurniawan, Muhammad Arif, and Muhammad Fahmi. 2020. “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek.” MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3 (2): 273–82. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO.

Hair, et al. 2021. Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal. Vol. 30. https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813.

Hair, Joseph F. 2019. “When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM.” European Business Review 31 (1): 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203/FULL/XML.

Halim, Nico Rifanto, and Donant Alananto Iskandar. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmu Dan Riset … 4 (3): 415–24. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605.

Hanifah, Hanim Nur, Nurul Hidayati, and Rita Mutiarni. 2019. “Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 2 (1): 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345.

Henseler, Jörg, and Marko Sarstedt. 2013. “Goodness-of-Fit Indices for Partial Least Squares Path Modeling.” Computational Statistics 28 (2): 565–80. https://doi.org/10.1007/s00180-012-0317-1.

Ibrahim, Malik, and Sitti Marijam Thawil. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4 (1): 175–82. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251.

Irfan, Mochamad, and Mila Hariani. 2022. “Role of Product Quality, Price and Product Innovation to Increase Customer Loyalty.” International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology 1 (1): 6–11.

Lina, Roidah. 2022. “Improving Product Quality and Satisfaction as Fundamental Strategies in Strengthening Customer Loyalty.” Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis 2 (1): 19–26.

Palelu, David Reynaldi Gunawan, Willem JFATumbuan, and Rotinsulu Jopie Jorie. 2022. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang the Influence of Price Perception and Service Quality on Customers Satisfaction on Kamsia Boba Lawang.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 10 (1): 68–77.

Pertiwi, Ayu Bunga, Hapzi Ali, and Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Loyalitas Pelanggan; Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Literature Revie Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3 (6): 582–91.

Putra, Rio. 2021. “Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 2 (4): 516–24. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461.

Putri Lufiana, Diva. 2022. “Negara Pemakan Mi Instan Terbanyak Di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? Halaman All - Kompas.Com.” 2022. https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/11/070000565/negara-pemakan-mi-instan-terbanyak-di-dunia-indonesia-nomor-berapa-?page=all.

Riadi, Muchlisin. 2020. “Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif Dan Tingkatan).” 2020. https://www.kajianpustaka.com/2020/02/kualitas-produk-pengertian-manfaat-dimensi-perspektif-dan-tingkatan.html.

Rizeki, Dini N. 2021. “5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis Agar Usahamu Lebih Sukses.” 2021. https://majoo.id/blog/detail/5-tips-melakukan-inovasi-bisnis-agar-usahamu-lebih-sukses.

Sambodo Rio Sasongko. 2021. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3 (1): 104–14. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707.

Stefani Ditamei. 2022. “Inilah 11 Indikator Kualitas Produk Dan Cara Menjaganya.” 2022. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6348353/inilah-11-indikator-kualitas-produk-dan-cara-menjaganya.

Taan, Hapsawati. 2021. “Kemudahan Penggunaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 8 (1): 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502.

Titin Herawaty, Mety, Aan Rahman, Luthfia Rohimah, Helmy Ivan Taruna, Etik Dwi Styaningrum, and Dede Suleman. 2022. “INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS) The Influence of Service Quality and Price on Alfamart Consumer Loyalty with Customer Satisfaction As Mediation Variables.” International Journal of Social and Management Studies (Ijosmas) 3 (2775–0809): 246–57.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.