Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Fresenius Medical Care Indonesia

Yudi Kristiyadi, Nafiah Ariyani, Bernard Hasibuan

Abstract


Hemodialisis atau dikenal oleh masyarakat awam adalah cuci darah merupakan salah satu terapi pengganti fungsi ginjal yang paling banyak digunakan oleh pasien ESRD dan juga merupakan tindakan medis untuk pasien gagal ginjal dengan kondisi tertentu. Ada yang menjalani hemodialisa seumur hidup namun ada juga yang hanya beberapa kali saja dan pasien akan kembali normal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantintatif deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian sejumlah 86 konsumen, yaitu keseluruhan jumlah poplasi. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas dan realibiltas menggunakan SPSS IBM versi 23, dimana data-data yang disajikan telah diuji dan dinyatakan valid dan reliabel, sehingga dapat dilanjutkan pada tahap uji selanjutnya. Hasil analisis uji regresi berganda menyebutkan tersapat hubungan linear pada variabel marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Pada uji hipotesiss 1 marketing mix terhadap kpeutusan pembelian nilai t hitung 6,043 > t tabel 1,989 dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka hipotesis 1 diterima. Hipotesis 2 kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, diketahui nilai t hitung 2,263 > t tabel 1,989 dan signifikansi 0,026 < 0,05, maka hipotesis diterima. Dan pada uji hipotesis simultan diketahui nilai F hitung 47,660 > F tabel 3,107 dan signifikansi 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Penelitian diharpkan dapat menjadi bahan rujukan bagi perusahaan dalam mengambil kebijakan. Dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya dengan variabel lain yang lebih beragam.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa, Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2019). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 34-42.

Dharmesta, Basu Swastha dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Garmedia Pustaka Utama Jakarta.

Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.

Gitosudarmo, Indiryo. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga, BPFE, Yogyakarta.

Handayani, Tri Rosiana. 2012. Bauran Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Herry, Buchory Achmad dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Linda Karya, Bandung.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Merentek, Y. F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2017).

Pengaruh kualitas produk, suasana toko dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada kfc bahu mall manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).

Mimi SA. 2015, “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Ranch Market” | Jurnal Ekonomi Volume XX, Nomor 01.

Saladin, Djaslim. 2016. Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Santoso, Singgih. 2015. Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta : PT Elex. Media Komputindo.

Sudarsono, A., & Suharsono, Y. 2016. “Hubungan Persepsi terhadap Kesehatan Dengan Kesadaran (Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah di Indonesia Medika” | Jurnal Psikologi Terapan Vol. 4, No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke25, Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2017. Variable yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.2918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.