Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening

Denisa Putri Ayuni, Pramitha Aulia

Abstract


Penting bagi sebuah perusahaan dalam meyakinkan konsumen untuk memutuskan membeli produk yang dijual oleh perusahaan. Semakin banyak konsumen memutuskan membeli sebuah produk, maka semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produknya, Scarlett menggunakan strategi pemasaran melaui penggunaan brand ambassador. Menurut Lea Greenwood dalam pamungkas (2018:225) [1] kegunaan brand ambassador selain untuk mempengaruhi konsumen, mengajak konsumen, dan menarik konsumen untuk menggunakan produk tetapi juga untuk memberikan citra atau image tersendiri terhadap produk. Penelitian ini bertujuan mencari tahu bagaimana pengaruh brand ambassadorterhadap keputusan pembelian melalui brand image. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dan hubungan kausal menggunakan analisis jalur. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dan purposive sampling responden sejumlah 100 orang. Data diolah dengan software SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap brand image, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand image.


Full Text:

PDF

References


Pamungkas, I. N. (2018). Brand to Brain. Bandung: Megatama.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Compas, T. (2021, Juni 17). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Retrieved from Compas.co.id: https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan- wajah/

Compas. (2021, April 22). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Retrieved from Compas.co.id: https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen 15.th Editon. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Probosini, D. A., Hidyat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 2, 445-458.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 8, 21-34.

Ilmi , S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image (Citra Merek) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Korean Spicy Chicken. Edunomika, 04, 103-113.

Riyanto , S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen . Jakarta: Deepublish.

Ridwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Setyaningsih, S. (2020). Penguatan Sumber Daya Manajemen Pendidikan Melalui Analisis Jalur (Path Analysis) & Metode SITOREM. Bandung: Alfabeta.

Sinuhaji, E. (2019). Pengaruh Kepribadian, Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja SDM Outsourcing pada PT. Catur Karya Sentosa Medan. Jurnal Ilman : Jurnal Ilmu Manajemen, 1, 11-22.

Sujarwo, A., & Wahjono. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Perilaku Inovatif Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada LKP Alfabank Semarang). INFOKAM, 13, 63- 71




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i4.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.