Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers

Johan Siprianus Daya, Tina Rosa, Mariati Tamba

Abstract


“The Sandals” membangun kepercayaan konsumennya dengan terus berinovasi dan terus mengeluarkan produk yang unik dan berkualitas serta dengan harga yang terjangkau agar konsumen mengambil keputusan pembelian produknya. Konsumen memiliki banyak alasan yang dijadikan sebagai faktor penentu sebelum mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek  terhadap keputusan pembelian produk The Sandals. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk ”The Sandal” selama  April 2020 – Maret 2021 sebanyak 2.217 orang. Sampel penelitian sebanyak 96 orang yang melakukan pembelian produk ”The Sandals” di gerai ITC Kuningan Jakarta. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan citra merek baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk The Sandals (PT. Razer Brothers) di Jakarta 2021. Dari hasil penelitian ditemukan besarnya pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian adalah 44,6%, sedangkan variable diluar yang tidak diteliti pada penelitian ini sebesar 55.4%. Variabel – variable ini misalnya Design, Promosi, Tempat dan lainnya.  Perusahan diharapkan dapat memberikan harga dan kualitas produk yang terjangkau dan sesuai dari waktu ke waktu. Perusahaan hendaknya menjaga dan mempertahankan citra merek dengan menjaga keunikan dan tetap memberikan keuntungan lebih bagi penggunanya. Konsumen hendaknya tidak selalu terpaku kepada harga yang murah dan tidak mudah terpengaruh oleh merek yang terkenal, sehingga melupakan kualitas produknya.


Full Text:

PDF

References


Aditi, B., dan Hermansyur, H.M., (2018) Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 19 No. 1, 64-72. DOI: https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1743.

Arianto dan Giovanni (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 2:12-22. DOI: https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1156

Astini, R., dan Yunian, Y.K., (2020) Pengaruh Product Price, Individual Personality Differences, Environmental Friendliness pada Keputusan Pembelian. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 10, No. 1: 141-149.

Bradly. F (2004). Strategic Marketing: in a Customer Driven Organization, John. Wiley & Sons Ltd, England.

Brata, B.H., Husani, S., and Ali, H (2016)The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, Vol: 2, No. 4:433-445.

Kotler, P., and Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, 17th Edition. Pearson Education Limited, United Kingdom

Kotler, P and Keller, K.L., (2016). Marketing Management, 15thEdition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kurtz, D.L. (2008). Principles of Contemporary Marketing, Oklahoma: International Student Edition, Thomas Higher Education.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi. Kedua, Jakarta: Salemba Empat.

Nazarudin, A., Telagawathi, N.L.W.S., dan Susila, G.P.A.J, (2019) Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1: 17-25.

Nirwana.(2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Penerbit Dioma.

Payne, A. (2008). Service Marketing Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Razak, I., Nirwanto, N , and Triatmanto, B (2016) The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value Journal of Marketing and Consumer Research, Vol. 30, No. 1: 59-68.

Suhaily, L., dan Darmoyo, S., (2017) Effect of Product Quality, Perceived Price and Brand Image on Purchase Decision Mediated by Customer Trust (Study On Japanese Brand Electronic Product). Jurnal Manajemen, Vol. XXI, No. 02: 179-194.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wulanda, N., Wahab, Z., dan Widad, A., (2017) Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dalam Memilih Event Organizer (Studi Kasus di UN Production). Journal of Management and Buiness Review, Vol. 16, No.1 : 43-70.

Yuvita, H., Wahab, Z., dan Sulastri (2019) Pengaruh Brand Image dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei terhadap Nasabah Bank BNI Syariah di Kota Palembang). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 9, No. 3: 431-446.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.