PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SD NEGERI CIPAYUNG 02 PAGI KECAMATAN CIPAYUNG
Abstract
Pendidikan merupakan pondasi pokok yang diperlukan oleh suatu bangsa jika bangsa tersebut menginginkan kemajuan dan kejayaan, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan apakah Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mutu Pembelajaran diSD Negeri Cipayung 02 Pagi. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu instrumen (1) Motivasi Belajar (X), dan (2) Mutu Pembelajaran (Y).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melakukan survei analisisnya deskriptif dan korelasi. Sampel berjumlah50 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan varibel motivasi belajarmemiliki pengaruh terhadap mutu pembelajaran dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,962,.Kesimpulan motivasi berpengaruh sangat kuat terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri 02 Cipayung.
Kata kunci : Motivasi Belajar , Mutu Pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jam.v6i2.189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.