Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Analisa Pola Belanja Konsumen Toko Daffamart

Siti Rihastuti, Afnan Rosyidi

Abstract


Salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan konsumen yang loyal adalah dengan mengetahui pola belanja konsumen, yaitu pemilik toko memfasilitasi keinginan konsumen dengan meletakkan produk yang akan dibelinya di tempat atau etalase yang mudah ditemukan dan didekatnya terpajang juga produk lain yang berhubungan dengan produk tersebut. Salah satu motede data mining yang bisa digunakan untuk mengetahui barang apa saja yang sering dibeli konsumen adalah dengan algoritma FP-Growth. Analisa pola belanja konsumen berdasarkan penerapan FP-Growth yang dilakukan bertujuan untuk membantu konsumen dalam mendapatkan dan memastikan ketersediaan barang yang akan dibelinya dengan mudah berdasarkan tata letak barang yang terpajang di etalase

Full Text:

PDF

References


D. Kurniawan, M. Sahata Sipayung, R. Ismayanti, M. Rivani Ibrahim, Y. Bintan, and S. Aulia Miranda, “Optimalisasi Strategi Pemenuhan Persediaan Stok Barang Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth,” Metik J., vol. 6, no. 2, pp. 104–114, 2022, doi: 10.47002/metik.v6i2.387.

F. Firmansyah and O. Nurdiawan, “Penerapan Data Mining Untuk Analisa Pola Pembelian Produk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern – Growth,” Rekayasa, vol. 14, no. 3, pp. 456–460, 2022, doi: 10.21107/rekayasa.v14i3.11365.

L. M. Lestari, I. Ali, S. Tinggi, M. Informatika, and S. Ikmi, “Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Toko Ellia Umami,” vol. 1, no. 3, pp. 367–378, 2023.

S. G. Setyorini, Mustakim, J. Adhiva, and S. A. Putri, “Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., pp. 180–186, 2020.

Buyut Khoirul Umri and V. Delica, “Penerapan transfer learning pada convolutional neural networks dalam deteksi covid-19.,” Jnanaloka, pp. 9–17, 2021, doi: 10.36802/jnanaloka.2021.v2-no2-9-17.

N. K. S. Sabilla, B. Sujatmiko, and A. Andriani, “Implementasi Algoritma FP Growth Untuk Menganalisa Pola Pembelian Barang ( studi kasus : Koperasi ) Bambang Sujatmiko Anita Andriani,” Inovate, vol. 6, 2022.

S. Komariyah, S. Anwar, and B. Nurhakim, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Data Transaksi Penjualan Dengan Algoritma Fp-Growth …,” vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://repository.binadarma.ac.id/937/%0Ahttp://repository.binadarma.ac.id/937/2/BAB 1.pdf

E. Retnoningsih and T. M. Afriyanti, “Sistem Rekomendasi Buku Perpustakaan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth,” Techno.Com, vol. 21, no. 2, pp. 292–310, 2022, doi: 10.33633/tc.v21i2.5789.

S. J. Duha, Y. Syahra, and A. Azlan, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Dimsum Dengan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) Pada Studio Dimsum,” J. Cyber Tech, 2022, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jct/article/view/1565%0Ahttps://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jct/article/download/1565/933

I. G. A. S. Melati, R. L. Rahardian, and I. M. L. P. Pringgadhan, “Asosiasi Rule Mining Untuk Rekomendasi Pada Transaksi Peminjaman Buku Menggunakan Frequent Pattern,” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 1, p. 168, 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.497.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v9i2.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.