Pengembangan Virtual Learning Managament System (Vilonga) Dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru di Lingkungan Universitas Khairun

Syahril Muhamad, Mohamad Jamil, Misrina Sergi, Eko Purnomo

Abstract


Pembelajaran daring (online learning) merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara online atau melalui jaringan internet. Metode ini telah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan juga di masa pandemik COVID-19. Universitas Khairun sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan profesi guru dengan visi mewujudkan guru yang profesional, unggul bermartabat dan berdaya saing. Berbagai upaya perlu dilakukan diantaranya yaitu dengan meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan, meningkatkan keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan. Berdasarkan hasil observasi dengan mahasiswa PPG dalam jabatan sebelumnya, masih terdapat beberapa guru yang belum memiliki kompetensi profesionalisme salah satu indikatornya adalah mengembangkan materi pembelajaran yang dimampu secara kreatif dan memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan virtual learning management system dalam pembelajaran daring mahasiwa PPG di lingkup Universitas Khairun. Diharapkan melalui penelitian ini akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas pembelajaran yang nanti dapat diimplementasikan di sekolah

Full Text:

PDF

References


Ambara, M. P. (2020). Pengembangan Sistem Informasi E-Learning Mendukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 137–148. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.95

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kurniawan, M. W., & Zarnita, Y. (2020). Pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru: Dampak dan kendala yang dihadapi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.12440

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Rahman, D., Suyasa, P. W. A., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Informatika. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 13. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31092

Setiawansyah, S., Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(2), 89. https://doi.org/10.24014/coreit.v6i2.10679

Suhandono, E., Sari, Y., Sari Sakti, E. M., & Emarawati, J. A. (2021). Pengembangan Metode Pembelajaran Online Di Tengah Pandemik Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(3), 80–84. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v4i3.1526

Yetti, W., & Ahyanuardi, A. (2020). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis LMS Sebagai Media Interaktif Pada Pelajaran Simulasi Dan Komukasi Digital. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 81–88. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.839




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v9i2.3511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.