Perancangan Video Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi Digital UMKM Kopi Jonggol

Fenty Tristanti Julfia, Martua Hami Siregar, Wiga Ariani, Delpima Suhita, Deden Fauzan Yulianto

Abstract


Video animasi merupakan salah satu sub-sektor industri ekonomi kreatif prioritas yang dikelola pemerintah karena sebagai penghela sektor ekonomi kreatif. Dengan video animasi, penyampaian informasi lebih efektif dan akurat kepada audien karena adanya gambar dan suara. Kegunaan animasi lebih fleksibel, bisa digunakan pada media internet, mobile, ataupun broadcasting. Promosi menggunakan video animasi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menginformasikan produk atau jasa yang kita tawarkan kepada masyarakat. Promosi dapat dilakukan melalui beberapa media, salah satunya melalui media online atau media sosial. Kopi Jonggol merupakan sebuah UMKM yang menawarkan produk minuman kekinian yang mengalami penurunan penjualan dikarenakan terdampak pandemi Covid 19 yang memukul sektor perekonomi di indonesia. Metode perancangan yang digunakan adalah motion graphic, motion graphic dipilih karena lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan iklan statis. Dalam merancang video motion graphic ada beberapa tahapan yakni, tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Tujuan proyek studi ini adalah membuat video promosi menggunakan teknik motion graphic dengan harapan dengan video yang dibuat dapat membantu dalam mempromosikan produk dan bisa menarik minat beli para konsumen.
Kata Kunci: video animasi, motion graphic, promosi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v1i1.3244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.