Studi Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Yang Potensial dan Efektif: Studi Kasus Instagram @theenglishnut

Tony Wibowo, Vivia Ellysinta

Abstract


Dewasa ini, penggunaan media sosial semakin populer di kalangan pelajar. Siswa dapat menggunakan media sosial untuk tetap berhubungan dengan teman-teman mereka, belajar tentang berita dan urusan terkini, mengisi waktu luang mereka, menemukan konten menarik, dan berbagi pendapat. Popularitas media sosial di kalangan siswa dapat digunakan sebagai alat untuk pengajaran bahasa. Salah satu jejaring sosial yang paling populer adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Instagram untuk belajar dan mengembangkan keterampilan bahasa Inggris dan untuk mengetahui dampaknya terhadap perkembangan keterampilan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Banyak yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru untuk mengintegrasikan Instagram ke dalam proses belajar mengajar. Namun, persepsi yang lebih positif ditunjukkan bahwa harus ada niat dari siswa itu sendiri untuk dapat menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran secara efektif. Kuesioner yang dilakukan pada penelitian ini menghasilkan bahwa Instagram @theenglisnut dapat mendorong pembelajaran bahasa. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram dapat digunakan sebagai alat pembelajaran bahasa yang efektif.

Full Text:

PDF

References


M. H. Lee et al., “How to respond to the Fourth Industrial Revolution, or the second information technology revolution? Dynamic new combinations between technology, market, and society through open innovation,” J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 4, no. 3, 2018, doi: 10.3390/joitmc4030021.

S. Moghavvemi, A. Sulaiman, N. I. Jaafar, and N. Kasem, “Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube,” Int. J. Manag. Educ., vol. 16, no. 1, pp. 37–42, 2018, doi: 10.1016/j.ijme.2017.12.001.

J. Penni, “The future of online social networks (OSN): A measurement analysis using social media tools and application,” Telemat. Informatics, vol. 34, no. 5, pp. 498–517, 2017, doi: 10.1016/j.tele.2016.10.009.

K. Mackare and A. Jansone, “Habits of Using Internet and Digital Devices in Education,” Soc. Integr. Educ. Proc. Int. Sci. Conf., vol. 5, pp. 348–356, 2018, doi: 10.17770/sie2018vol1.3248.

S. Patmanthara, D. Febiharsa, and F. A. Dwiyanto, “Social Media as a Learning Media: A Comparative Analysis of Youtube, WhatsApp, Facebook and Instagram Utillization,” ICEEIE 2019 - Int. Conf. Electr. Electron. Inf. Eng. Emerg. Innov. Technol. Sustain. Futur., pp. 183–186, 2019, doi: 10.1109/ICEEIE47180.2019.8981441.

C. Shane-Simpson, A. Manago, N. Gaggi, and K. Gillespie-Lynch, “Why do college students prefer Facebook, Twitter, or Instagram? Site affordances, tensions between privacy and self-expression, and implications for social capital,” Comput. Human Behav., vol. 86, pp. 276–288, 2018, doi: 10.1016/j.chb.2018.04.041.

A. Aliyev, “Bridging the Gap between Theory and Practice: The Use of Films in Language Learning,” vol. 1, no. 1, pp. 1–59, 2016.

A. R. Malik, “The Influence of Instagram anda Auditory Learning Style on Mastery German Vocabulary,” Int. Conf. Cult. Stud., pp. 279–283, 2019.

M. Wulandari, “Improving EFL learners’ speaking proficiency through instagram vlog,” LLT J. A J. Lang. Lang. Teach., vol. 22, no. 1, pp. 111–125, 2019.

T. Zam Zam Al Arif, “the Use of Social Media for English Language Learning: an Exploratory Study of Efl University Students,” Metathesis J. English Lang. Lit. Teach., vol. 3, no. 2, pp. 224–233, 2019, doi: 10.31002/metathesis.v3i2.1921.

I. Xodabande, “The effectiveness of social media network telegram in teaching English language pronunciation to Iranian EFL learners,” Cogent Educ., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.1080/2331186X.2017.1347081.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i1.1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.