Penyuluhan Higine Sanitasi Makanan dan Desain Produk Bagi UMKM Krupuk Beras Khas Desa Gampingan Malang

Eka Ratri Noor Wulandari, TriMega Asri, Lintang Edityastono

Abstract


Berdasarkan permasalahan yang ada pada UMKM di Desa Gampingan dimana produk seperti makanan, pembersih, permen, kue atau snack berupa krupuk merupakan produk utama yang dihasilkan oleh pelaku UMKM di Desa Gampingan, Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang sudah dilakukan terpetakan dua permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM di Desa Gampingan (1) pengetahuan akan cara mengolah makanan dan (2) pengemasan dan desain produk yang masih manual. Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan terkait higine sanitasi perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi pelaku UMKM di Desa Gampingan terkait pengelolaan limbah dari proses produksi produk dan pelatihan strategi marketing melalui perancangan desain kemasan sehingga produk yang dipasarkan lebih menarik. Khalayak target sasaran dari kegiatan penyuluhan sebanyak 30 peserta dilaksanakan di desa Gampingan dengan teknik workshop pelatihan menggunakan infokus pada bulan Agustus sampai dengan September tahun 2023. Hasil dan evaluasi kegiatan berjalan lancar, semua peserta puas, dengan salah satu luaran yaitu kemasan produk kerupuk yang menarik.

Full Text:

PDF

References


Rauf, R. (2013). Sanitasi Pangan dan HACCP. Graha Ilmu.

Naria, E. (2010). Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman Jajanan di Kompleks USU, Medan. Universitas Stuttgart, 4, 118–126. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/18928/1/ikm-des2006-10 (6).pdf

Ye, N., Morrin, M., & Kampfer, K. (2020). From Glossy to Greasy: The Impact of Learned Associations on Perceptions of Food Healthfulness. Journal of Consumer Psychology, 30(1), 96–124. https://doi.org/10.1002/jcpy.1126

Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Celhay, F. & Trinquecoste, J.F. (2015) “Package graphic design: investigating the variables that moderate consumer response to atypical designs”, Journal of Product Innovation Management, Vol. 32 No. 6, pp. 1014-1032.

Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Venter, K., Van der Merwe, D., De Beer, H., Kempen, E., & Bosman, M. (2011). Consumers' perceptions of food packaging: an exploratory investigation in Potchefstroom, South Africa. International Journal of Consumer Studies, 35(3), 273-281.

Chitturi, R., Londoño, J. C., & Henriquez, M. C. (2022). Visual design elements of product packaging: Implications for consumers' emotions, perceptions of quality, and price. Color Research & Application, 47(3), 729744.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v9i1.4738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.