Pelatihan Pemasaran Digital Aplikasi Vave Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha
Ahmadun Ahmadun, Maya Sova, Dinni Agustin, Eros Rosmiati
Abstract
Pemberdayaan UKM Pelatihan Pemasaran Digital Aplikasi Vave Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha di Aula Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dengan judul Pelatihan Pemasaran Digital Aplikasi Vave Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Untuk mengetahui pemberdayaan yang telah dilakukan bertujuan untuk menjadikan UKM generasi mileneal mampu menjadi UKM yang mandiri dan dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga bagi pelaku UKM. Penelitian ini menggunakan tahapan pemberdayaan. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informasi yang dipilih merupakan pelaku UKM, keluarga pelaku UKM, kepala bidang UKM, dan pihak yang menjalin kemitraan dengan pelaku UKM. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemberdayaan mempunyai tiga tahapan penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan. Dalam tahap penyadaran para pelaku UKM diberikan motivasi dan dorongan agar mereka memiliki daya dan kemampuan dalam berwirausaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Dalam tahap pengkapasitasan diadakan bimbingan dan penyuluhan dalam pengembangan Pemasaran Digital Aplikasi Vave, peningkatan pemasaran melalui digital, pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk memberikan bantuan berupa pengetahuan dan keterampilan berwirausaha kepada pengusaha Pemasaran Digital Aplikasi Vave, mengelola dan mengembangkan pemasaran. Lalu dalam tahap pendayaan yaitu para pelaku UKM Pemasaran Digital Aplikasi Vave di Aula Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Dalam meningkatkan Generasi Melenial dan pemasaran maka para pelaku UKM memilih aplikasi vave, dan dengan pelatihan pemasaran digital aplikasi vave sebagai peralatan yang modern, guna mempermudah dan mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk menarik pelanggan.
Kata kunci : Pelatihan pemasaran digital, UKM, Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha.