Pelatihan Penyelesaian Laporan Keuangan Tingkatkan Kompetensi Anggota P2KPTK2 Jakarta Barat

Ayu Aulia Oktaviani, Jul Seventa Tarigan, Lidia Wahyuni, Pangi Suryadi, Muhamad Naufal

Abstract


Pada dunia pendidikan, peran yang tidak dapat dikesampingkan dalam mencapai tujuan pendidikan yaitu peran seorang guru atau pendidik. Oleh sebab itu, kualitas atau kompetensi pendidik di Indonesia seharusnya dapat selalu ditingkatkan. Namun pada kenyatannya, Kemendikbudristek mengungkapkan skor atau nilai kompetensi guru di Indonesia masih perlu ditingkatkan sebab rata-rata skor kompetensi guru berada di angka 50,64 poin. Program pelatihan peningkatan kompetensi guru merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti bersama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan Jakarta Barat (P2KPTK2 Jakbar) yang bertujuan memberikan peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam melakukan penyelesaian laporan keuangan akuntansi. Solusi dari permasalahan yang ada yaitu dengan menggunakan metode observasi; sosialisasi dan koordinasi; penyiapan peralatan dan bahan; pelatihan peningkatan kompetensi penyelesaian laporan keuangan; pendampingan; dan evaluasi. Kegiatan ini terlaksana pada tanggal 18 Oktober 2022 di Universitas Trisakti dengan peserta sebanyak 40 orang. Dari total peserta, sebanyak 33 orang yang belum tersertifikasi kompeten untuk Klaster Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP telah berhasil dinyatakan kompeten oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi yang terlisensi oleh BNSP. Dengan adanya kegiatan ini, diketahui walaupun guru atau pendidik telah lama berprofesi sebagai seorang pendidik di bidang akuntansi, namun mereka banyak yang belum memiliki sertifikasi profesi sesuai dengan bidangnya dan juga mereka perlu memperbarui ilmu dan pengetahuan akuntansi baik secara teori maupun praktek.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F., Debora, & Sutrisno, N. (2022). Pelatihan Accurate untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa di SMK Pelita IV. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakatn Dan Pengabdian, 02(3), 1009–1014.

Dian. (2020). Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Membaik. Radio Edukasi. https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir

Fauzan, S., Wardoyo, C., Setiaji, Y. T., & Andryani, A. (2022). Pelatihan Aplikasi Komputer Akuntansi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(6), 1889–1894. https://doi.org/10.54082/jamsi.533

Juhaldi. (2022). Peningkatan Peran Tugas Pokok Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMA Adhyaksa 1 Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(1), 87–93. https://jurnalp4i.com/index.php/action/article/view/1019/1024

Najmi, A. (2021). Konsep Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–5.

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547

Yustrianthe, R. H., Darmawan, Y., Jati, B. P., & Kuntoro, A. (2022). Pelatihan Komputerisasi Akuntansi dengan Aplikasi Siskeudes dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 238–245. https://jurnalp4i.com/index.php/action/article/view/1019/1024




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i2.2919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.