Edukasi Tabungan Easy Bank Syariah Indonesia Pada Masyarakat Jombang

Peni Haryanti, Dewi Fitriana, Sri Pataya Komaria, Rizky Asyam Ramadhani

Abstract


Bank   Syariah   adalah   suatu   lembaga   perbankan   yang   menggunakan  prinsip syariat islam dalam  sistem   dan   operasionalnya. Perbankan Syariah sebagai alternatif untuk masyarakat khususnya umat islam yang sebelumnya menggunakan perbankan konvensional dalam transaksi keuangannya. Perbankan Syariah memiliki peluang dan potensi yang besar, hal ini didukung dengan pesatnya perkembangan perbankan Syariah di Indonesia sehingga produk perbankan Syariah diharapkan mampu meningkatkan perekonomian. Namun banyaknya masyarakat yang belum memahami seperti apa produk dan layanan yang ada di bank syariah Indonesia menjadi hambatan untuk perkembangan dari perbankan Syariah itu sendiri, serta menghambat perkembangan literasi keuangan syariah di Indonesia. Oleh karena itu edukasi mengenai produk bank syariah kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting dipahami oleh seluruh nasabah pada bank terutama nasabah bank syariah. Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jombang melakukan edukasi produk Tabungan Easy pada masyarakat dengan cara  melakukan sosialisasi pada masyarakat. Sebelum terjun langsung ke  masyarakat tentunya ada beberapa strategi yang harus dilakukan. Salah satunya yaitu dengan menentukan Customer Based Focus terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempermudah jangkauan dalam menyampaikan edukasi produk Tabungan Easy yang ada di PT BSI KC Jombang.

Kata kunci: Edukasi, Tabungan Easy, Produk, Bank Syariah, Literasi



Full Text:

PDF

References


Ameraldo, Fedi, Saiful Saiful, and Husaini Husaini. 2019. “Islamic Banking Strategies In Rural Area: Developing Halal Tourism and Enhancing The Local Welfare.” Ikonomika 4(1): 109–36.

Fathoni, Muhammad Anwar, Faizi Faizi, and Suprima Suprima. 2022. “Edukasi Keuangan Syariah Melalui Mimbar Masjid Sebagai Upaya Preventif Terhindar Dari Investasi Bodong.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 2(6): 735–42.

Gunawan, Ade, Murviana Koto, Boy Fadly, and Muhammad Shareza Hafiz. 2022. “Edukasi Literasi Keuangan Syariah Bagi Warga Muhammadiyah Kota Medan.” Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1).

Haryanti, Peni et al. 2020. “Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini.” JIPEMAS: Jurnal

Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat 3(2): 136.

Hidayah, Astika Nurul, and Ika Ariani Kartini. 2016. “Peranan Bank Syarah Dalam Sosialisasi Dan Edukasi Masyarakat Tentang Kemanfaatan Produk Dan Jasa Perbankan Syariah.” Cosmic Journal of Law 16(1): 74–86.

Lembaga, Kementerian, and D A N Bumn. 2021. “SYARIAH BAGI PENGURUS MASJID.” : 75–83.

Myers, Thomas A., and Elham Hassanzadeh. 2013. “The Interconnections Between Islamic Finance and Sustainable Finance.” International Institute for Sustainable Development (July): 1–28.

Sapti, Mujiyem. 2019. “Praktek Kartu Atm Sebagai Tambahan Jaminan Pembiayaan Di Kspps Bmt Al-Hikmah Ungaran.” Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi) 53(9): 1689–99.

https://www.bankbsi.co.id

https://webform.bankbsi.co.id




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i2.2915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.