Pelatihan Membuat Toko Online Pada Kredit Usaha Mikro di Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur

Dinni Agustin, Agusti Eviana Sari, Mei Supriyani, Tafrizi Tafrizi, Nurminingsih Nurminingsih

Abstract


Pada masa lalu Usaha Kecil Menegah sekedar dapat melaksanakan proses bisnis secara langsung, akan tetapi sekarang ditengah pandemi covid-19 mereka bisa lakukan usahanya di dunia maya dalam waktu yang singkat. Kondisi seperti ini merupakan kesempatan luas untuk pelaku Usaha Kecil Menengah untuk punya pendapatan melalui cara menggunakan Bisnis Online melalui media internet sebagai fasilitas untuk  mengembangkan, mengelola dan menjalankan bisnis secara online. Bisnis-bisnis yang biasanya memakai modal berwujud gerai, akan tetapi pada bisnis online memakai wujud digital (website sebagai alternatif gerai). Tujuan dari pelatihan ini adalah agar pelaku UKM dapat memanfaatkan aplikasi untuk membuat toko online yang sekarang ini sedang maju cepat dan memberikan layanan secara Cuma-cuma, misalnya; Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Hasil yang dicapai setelah mengikuti pelatihan ini adalah peserta dapat memulai membuat toko/bisnis online dengan mengetahui cara dan skema pasar yang akan dilakanakan dengan cara membuat rancangan keuangan, membuat daftar barang  yang akan dijajakan, dan bagaimana cara mengekspos toko virtual melalui aplikasi E-marketing untuk menunjukkan barang yang akan mereka jual.

 

Kata kunci: bisnis online, toko online, UMKM


Full Text:

PDF

References


Indonesia, B. (2016). Profil bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), 45.

Mubarok, N. (2017). Strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan produk halal, 3(1), 73–92.

Zamroni, M. (2013). Peran Bank Syariah Dalam Penyaluran Dana Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), 6(2), 225–240.

Prakoso, Eko Prasetyo (2015). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran 2(2), 45-60

Yunita, Rahma Indah (2017). Performa Kepemimpinan Terhadap Kualitas pelayanan yang efektif, 1(3)

Hariyati SS, N. (2010). Peran bank syariah dalam mengoptimalkan UMKM kota yogyakarta. Indonesia, B. (2016).

Mubarok, N. (2017). Strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada butik calista, 3(1), 73–92.

Megginson, W.L., M.J. Byrd, and L.C. Megginson. 2000. Small Business Management: An Entrepreneur’s Guidebook. Third Ed. Irwin McGraw-Hill. Boston

Rahman, Arief. 2008. Klasifikasi UKM. Online (http:infoukm.wordpress.com) diakses 15 Januari 2014




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v6i2.2527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.