Pengenalan Jenis Gambar Konstruksi Pada Siswa Kompetensi Keahlian DPIB SMKN 1 Cikarang Barat

Rosmawita Saleh, Sittati Musalamah, M. Agphin Ramadhan, Nabielsky Bagis, Ardini Ayuningtias, Dafa Aulia Bahar, Wina Ahmanda, Pita Sekar Putri

Abstract


Pemahaman terhadap suatu gambar menjadi salah satu kompetensi pada mata pelajaran Gambar Teknik. Pembelajaran di SMK kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), khususnya pada mata pelajaran Gambar Teknik perlu dikaitkan dengan dokumen-dokumen gambar yang dibutuhkan di proyek konstruksi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan jenis-jenis gambar konstruksi pada siswa kompetensi keahlian DPIB SMKN 1 Cikarang Barat. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari secara daring. Pada hari pertama diperkenalkan dokumen-dokumen gambar pada shop drawing. Adapun pada hari kedua dijelaskan detail gambar shop drawing, yang terdiri dari: penulangan balok, kolom, pondasi, dan bekisting. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta telah memahami jenis-jenis gambar konstruksi. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai pre-test dan post-test, yaitu 56,5 menjadi 76.


Full Text:

PDF

References


Ariyanto, S., & Soeparno. (2016). Hubungan Pengetahuan Mata Pelajaran Gambar Teknik Dan Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 3(3), 37–43.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Basari, K., & Yoga Pradipta, R. (2014). Analisa Koefisien Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Pembesian. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(4), 830–839. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkts

Chedi, J. M. (2015). Technical Drawing/ Graphic Skills Acquisition For Teaching And Learning And Challenges In Technology Education. ATBU Journal of Science, Technology & Education (JOSTE), 3(3), 128–133.

Faisal T, A., & Wiyono, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Jobsheet Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Konstruksi Pada Siswa Smk Jurusan Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1).

Fakhri, F., Body, R., & Apdeni, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik, 5(4), 1–6.

Maulana, A., Ramadhan, M. A., & Mahaliandini, H. (2021). Internship Experiences : Contribution to the Shop Drawing Reading Skills, 520(Tvet 2020), 25–28.

Muhammad Rizki, R. E. M. N. dan R. S. (2017). Faktor-faktor penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Pada Siswa (Studi kasus siswa kelas X TGB SMK N 1 Jakarta) pada tahun 2016. Jurnal PenSil Jurusan Teknik Sipil FT UNJ, 9(1), 1–9.

Pricilia Asmita Wowor. (2013). Pendayagunaan Tenaga Kerja Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Pt. Trakindo Utama Manado). Jurnal Sipil Statik, 1(6).

Ramadhan, M. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2013). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan Kompetensi yang Dibutuhkan di Dunia Kerja. Jurnal PenSil, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jpensil.v2i1.7282

Soenarto, S., Amin, M. M., & Kumaidi, K. (2017). Evaluasi implementasi kebijakan Sekolah Menengah Kejuruan program 4 tahun dalam meningkatkan employability lulusan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 215–227. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.17076




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v7i2.1673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.