Pendampingan Pemanfaatan Media Foto Dalam Pembelajaran Untuk Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Makasar Kota Jakarta Timur

Retno Widyaningrum, Suprayekti Suprayekti, Asfara Zianadezdha, Dwi Cahyo Wicaksono

Abstract


Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dalam rangka pemberdayaan guru-guru di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dikhususkan untuk pendampingan pemanfaatan media foto dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital para guru dan untuk menghasilkan guru yang mampu memanfaatkan foto sebagai media pembelajaran. Pelaksanaan program ini dilakukan dengan kegiatan pendampingan secara sinkronus dan asinkronus. Untuk mengetahui peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan media foto, dilakukan pengisian assesmen awal dan akhir. Selain itu, peserta pendampingan juga diwajibkan untuk membuat satu produk pemanfaatan media foto dalam pembelajarn. Melalui kegiatan pendampingan ini terjadi peningkatan literasi digital dan pengetahuan serta keterampilan guru dalam memanfaatkan media foto dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


B. A. Pribadi, Media dan Teknologi dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2017.

M. Noor, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan, 2010.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.

B. S. Soerjono Soekanto, Sosiologi: Suatu Pengantar, Depok: Rajawali Press, 2015.

R. R. E. N. Dedeh Maryani, Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: Deepublish, 2019.

A. Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana, 2013.

S. Aisyah, Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar, Yogyakarta: Deepublish, 2015.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v7i2.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.