Penguatan Daya Saing Umkm O’bite Snack Melalui Strategi Pemasaran Online

Hedi Ajeng Putri, Hedi Ajeng Putri, Hedi Ajeng Putri

Abstract


Perkembangan UMKM di Indonesia saat ini semakin meningkat. Namun, UMKM di Indonesia memiliki kekurangan, salah satunya dalam hal pemasaran online. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat daya saing UMKM O'bite Snack. Mitra kami memproduksi dan menjual makanan ringan daei masalah cumi olahan yang dialami oleh mitra kami, yaitu dalam hal pemasaran, pemasaran yang diterapkan hanya dengan metode offline, sedangkan dari aspek SDM, kurangnya pengetahuan tentang situs web. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan mengadakan pelatihan dan membuat website bagi mitra yang menjual dengan metode online. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa mitra memiliki akun situs web, menyediakan mesin penyegel untuk proses pengemasan dan membuat tata letak yang menarik dengan ditampilkan di etalase toko.

Keyword: Daya saing, UMKM O’bite Snack, pemasaran.


Full Text:

PDF

References


Fisla Wirda, Herizon and Trimardi Putra (2020) ‘Penguatan Daya Saing UKM Pada Usaha Makanan Khas Daerah Sumatera Barat’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), pp. 579–587. doi: 10.31849/dinamisia.v4i4.4165.

Sulaksono, J. (2020) ‘Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri’, Generation Journal, 4(1), pp. 41–47. doi: 10.29407/gj.v4i1.13906.

Anugrah, R. J. (2020) ‘Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh umkm dalam masa pembatasan sosial berskala besar (psbb) corona viruses disease 2019 (covid-19)’, Manova, 2(2), pp. 55–65.

Eko, O. et al. (no date) ‘Strategi Pemasaran Online Shop Melalui Media Sosial Instagram ( Studi Kasus Akun Instagram Yellowsholic )’, pp. 35–52.

Putri, N. A. (2016) ‘Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion’, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), pp. 118–127.

Setiawati, I. (2017) ‘Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm’, Strategi Komunikasi pemasaran, (20), pp. 1–5.

Sulaksono, J. (2020) ‘Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri’, Generation Journal, 4(1), pp. 41–47. doi: 10.29407/gj.v4i1.13906.

Technische Universtität München, L.-M.-U. M. (2018) ‘, e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 3, pp. 71–78.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v5i1.1161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.