Pengaruh Dosis Pakan Buatan Terhadap Kelulushidupan dan Pertumbuhan Larva Ikan Nilem (Osteochilus Vittatus)

Ivana Yuniar Safitri, Nuhman Nuhman, Ninis Trisyani

Abstract


Ikan nilem merupakan komoditas asli Indonesia yang telah lama dibudidayakan oleh masyarakat. Ikan nilem memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk budidaya unggulan. Budidaya ikan nilem bermanfaat dari segi ekonomi, kelestarian lingkungan dan produksi budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pakan buatan yang berbeda terhadap kelulushidupan dan [ertumbuhan larva ikan nilem (Osteochilus vittatus). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji ANOVA (analisis of varians) dan uji lainnya yaitu BNT (beda nyata terkecil), untuk mengetahui perbedaan antara satu perlakuan dengan perlakuan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelulushidupan, pertumbuhan bertat mutlak dan laju pertumbuhan harian larva ikan nilem (Osteochilus vittatus) tertinggi diperoleh pada perlakuan B (4% dosis pakan biomassa) dengan nilai berturut-turut sebesar 97.72 ±2.65%, 0.22 ±2.65 gram dan 8.23 ±6.76%. hal ini dikarenakan pakan dalam jumlah tersebut tersedia secara optimal tidak hanya untuk kelulushidupan larva ikan, tetapi juga untuk mendukung proses pertumbuhan. Serta tidak terjadi kekeruhan pada media ikan hidup sehingga tidak terjadi hambatan pada pertumbuhan larva ikan.

Kata Kunci: Nilem (Osteocilus Vittatus), Dosis Pakan, Kelulushidupan, Pertumbuhan.


Keywords


Nilem Fish (Osteocilus vittatus), Feed Dosage, Growth, Survival Rate.

Full Text:

PDF

References


Aulia Ikhsan Syamsuri, M. W. (2017). Teknik Pembesaran Ikan Nilem (Osteochilus hasselti) Di Balai Pengembangan Dan Pemacuan Stok Ikan Gurame Dan Nilem (BPPSIGN) Tasikmalaya, Jawa Barat. Journal Of Aquaculture and Fish Health, Vol. 7 No. 2.

Effendie, I. (1997). Biologi Perikanan.

Yogyakarta.

Kelabora DM. 2010. Pengaruh Suhu terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Larva Ikan Mas (Cyprinus carpio). Berkala Perikanan Terubuk. 38(01):71-78.

Muhammad Arief, N. F. (2014). Pengaruh Pemberian Probiotik Berbeda Pada Pakan Komersial Terhadap. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan , Vol. 6 No. 1.

Nur Asma, Z. A. (2016). Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Peres (Osteochilus vittatus) Pada Ransum Harian Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah, Vol. 1, Nomor 1: 1-11.

Nursani, A. (2012). Pengaruh Suhu Dan Lama Kejutan Panas Terhadap Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepenus). IJAS, 2(1):9-26.




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v13i2.2362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.