Analisis Pengaruh Kedisiplinan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum Delia Kabupaten Langkat

Muhammad Bayhaqi Dalimunthe

Abstract


Berdasarkan  hasil survei awal yang telah dilakukan di Rumah Sakit Delia perawat masih belum mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada pasien disebabkan karena belum optimalnya produktivitas kerja perawat.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan dan perlatihan terhadap produktivitas kerja perawat di Rumah Sakit Delia Kabupaten Langkat. Penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif dengan pendekatan Ex post faxto Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat yang bekerja di Rumah Sakit Umum Delia yang berjumlah 90 orang yang masa kerja diatas 1 tahun. Sampel yang diambil sejumlah 70 orang, diperoleh dengan menggunakan teknik slovin. Hasil uji statistic korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari variabel disiplin (p=0,000), pelatihan (p=0,029) terhadap produktivitas kerja perawat. Hasil uji stastistik regresi menunjukkan (thitung 5,863>ttabel  1,66), sehingga ada pengaruh antara kedisiplinan dengan produktivitas kerja perawat, sedangkan pelatihan menunjukkan adanya pengaruh terhadap produktivitas kerja perawat  dengan hasil (thitung 3,778>ttabel  1,66). Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan pelatihan kerja terhadap produktivitas kerja perawat.

 

Kata Kunci                : Kedisiplinan, Pelatihan, Produktivitas Kerja Perawat


Full Text:

PDF

References


Indonesia MOHPK. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta; 2014.

Letvak S, Buck R. Factors influencing work productivity and intent to stay in nursing. Nurs Econ. 2008;26(3):159

Kesehatan K. Info datin Perawat. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI ISSN 2442-7659. 2017.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2010. Kemenkes RI Jakarta. 2011

Zoschak EW. 10 indicators of excellent nursing care. Trust J Hosp Gov boards. 2010;63(9):28. Rom WN, Markowitz SB. Environmental and occupational medicine. Lippincott Williams & Wilkins; 2007.

Rom WN, Markowitz SB. Environmental and occupational medicine. Lippincott Williams & Wilkins; 2007.

Trinkoff A, Geiger-Brown J, Brady B, Lipscomb J, Muntaner C. How Long and How Much Are Nurses Now Working?: Too long, too much, and without enough rest between shifts, a study finds. AJN Am J Nurs. 2006;106(4):60–71.

Putra ED. Analisis Produktivitas Tenaga Keperawatan Pada Instalasi Rawat Inap Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Dr, Zainoel Abidin Banda Aceh.

Timpe AD. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja. Performance Cet. 1999;4.

Pangemanan E, Robot F, Hamel R. Hubungan Manajemen Waktu Dengan Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana Di Irina a Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. J KEPERAWATAN. 2014;2(2).

Ivancevich JM :Robert K. No Title. Hum Resourse Manag. 2013;

Mondy, R. Wayne RMN. No Title. Hum Resour Manag.

Kasenda A, Maramis FRR, Tumbol R. Hubungan Antara Pelatihan Dan Motivasi Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Liunkendage Tahuna. Jurnal Diakses pada. 2017;1.

Sastrohadiwiryo S. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Aksara. PB, editor. Jakarta; 2005.

Setiadi. No Title [Internet]. Universitas Indonesia; 2009. Available from: http://lontar.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak-125425.pdf

Fajariadi D. Analisis Etos Kerja, Iklim Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sumatera Utara. 2014.

Mulyono M. Penerapan Produktivitas dalam organisasi. Bumi Aksara, Jakarta. 1993;

Kusumaningrum ID. Pengaruh Pelatihan Sumber Daya Manusia (sdm) Terhadap Produktivitas Kerja Perawat di RSUD Kota Yogyakarta Tahun 2008.

Putri DM, Destriatania S, Mutahar R. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Perawat di RS Bhayangkara Palembang Tahun 2014. J Ilmu Kesehat Masy. 2014;5(3).

Siswanto B. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta Bumi Aksara. 2005;

Indriyani S. Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Paradise Island Furniture. J Manaj Bisnis Indones. 2016;5(1):50–61.

Hasibuan MSP. Organisasi dan motivasi: dasar peningkatan produktivitas. Jakarta Bumi Aksara. 2003;




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v4i1.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats