Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Perawat Dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien Terkait Pemberian Obat Di Ruang Perawatan RS PGI Cikini Tahun 2018

Bangun K Bangun K, Dewi S Dewi S, Kusumanto H Kusumanto H

Abstract


Kesalahan medikasi merupakan salah satu permasalahan yang sangat serius dan mengancam keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perawat dalam melaksanakan keselamatan pasien terkait pemberian obat di ruang perawatan RS PGI Cikini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional yang dilaksanakan pada Mei-Juni 2018. Variabel yang diteliti adalah sifat dasar pekerjaan, interaksi manusia-sistem, lingkungan sosial/organisasi dan perilaku perawat dalam melaksanakan keselamatan pasien terkait pemberian obat.

                Pada model akhir uji multivariat didapatkan bahwa perilaku perawat dalam melaksanakan keselamatan pasien terkait pemberian obat di ruang perawatan paling dominan dipengaruhi oleh lingkungan sosial/organisasi (p = 0,007; koefisien B 0,424; 95%CI 0,121-0,727). Variabel interaksi manusia-sistem didapatkan tidak bermakna pada uji multivariat meski pada uji bivariat didapatkan ada pengaruh yang bersifat positif terhadap variabel terikat. Sedangkan variabel sifat dasar pekerjaan didapatkan tidak ada pengaruhnya terhadap variabel terikat.

                 

 

Kata kunci: sifat dasar pekerjaan, interaksi manusia-sistem, lingkungan sosial/organisasi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v3i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats