Hubungan Komunikasi, Kesehatan Dan Pengembangan Karir Dengan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit DIK PUSDIKKES KODIKLAT TNI AD 2020

Beneita Widiyanti Sonda

Abstract


 

INTISARI: Latar Belakang: Rumah sakit di era global telah menjadi industri yang harus mampu bersaing dengan memberikan pelayanan prima. Pelayanan prima berkaitan dengan kinerja sumber daya manusia, dan kinerja dipengaruhi oleh kualitas kehidupan kerja. Bentuk rumah sakit yang terkenal adalah bentuk rumah sakit umum, walaupun saat ini semakin banyak rumah sakit dengan ciri khusus seperti rumah sakit militer juga memberikan pelayanan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kinerja perawat di ruang rawat inap Dik Pusdikkes Kodiklat RS TNI AD yang dipengaruhi oleh komponen komunikasi, ketersediaan fasilitas dan pengembangan karir.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional; melihat hubungan antara variabel independen dengan dependen pada 46 responden perawat di ruang rawat inap dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Setelah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas serta memenuhi asumsi normal, selanjutnya dilakukan uji regresi linier sederhana.
Hasil: Komunikasi p-value 0,000, ketersediaan fasilitas (wellness) 0,000 dan pengembangan karir 0,296. Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi dan ketersediaan fasilitas (wellness) dengan kinerja perawat di ruang rawat inap, sedangkan pengembangan karir tidak memiliki hubungan yang signifikan. Variabel yang mempengaruhi kinerja perawat memberikan kontribusi 47%.
Kesimpulan: Pengembangan karir tidak berhubungan dengan kinerja karena mayoritas responden yang digunakan adalah karyawan kontrak, dengan masa kontrak tetap selama satu tahun, mungkin hal inilah yang mempengaruhi mengapa pengembangan karir tidak berhubungan dengan kinerja.
Saran: Perlu adanya review oleh pihak rumah sakit terhadap sistem kontrak kerja petugas.

Kata kunci: kualitas kehidupan kerja, komunikasi, kebugaran, pengembangan karir, kinerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.