Hubungan Antara Personal Hygiene, Fasilitas Sanitasi dan Teknik Penyimpanan Peralatan Makan dengan Kebersihan Peralatan Makan di Kantin dan Makanan Jajanan

Nur Ashri Maunah, Laila Ulfa

Abstract


Peralatan makanan merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari prinsip hygiene sanitasi makanan dan minuman.  Oleh karena itu peralatan makan harus dijaga kebersihannya, karena dengan menjaga kebersihan peralatan makan dapat mencegah terjadinya kontaminasi makanan.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan personal hygiene, fasilitas sanitasi dan teknik penyimpanan peralatan makan dengan kebersihan peralatan makan di kantin dan makanan jajanan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 62 kantin dan makanan jajanan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, dalam penelitian ini tidak dilakukan pengambilan sampel karena menggunakan total dari populasi yaitu seluruh kantin dan makanan jajanan di Pelabuhan Tanjung Priok. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Chi Square (x2) dengan nilai α=5%. Penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan antara personal hygiene dan teknik penyimpanan peralatan makan dengan kebersihan peralatan makan sedangkan fasilitas sanitasi tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan kebersihan peralatan makan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pentignya memperhatikan personal hygiene dan teknik penyimpanan peralatan makan untuk menjaga kebersihan peralatan makan. Saran bagi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok diharapkan melakukan penyuluhan, membentuk sentra makanan jajanan dan membuat ruang diskusi online agar mempermudah penyebaran informasi kepada seluruh pengelola kantin dan makanan jajanan.

Full Text:

PDF

References


Armiwati, M., Rochmawati., Budiastutik, I., Jurnal Mahasiswa dan Penelitian Kesehatan (2019).

Birawida, A. B., Selomo, M., Ismita, U. W., dan Suriah, IOP Publishing (2019).

Fadhila, M. F. Jurnal Kesehatan Masyarakat (2015) 3.

Kementerian Kesehatan RI. Kurikulum dan Modul Keamanan Pangan Siap Saji, Kementerian Kesehatan, Jakarta, 2018a

Kementerian Kesehatan RI. Kurikulum dan Modul Investigasi KLB Keracunan Pangan, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, 2018b

Kementerian Kesehatan RI, 2018. Rapor Penilaian Mandiri Kesehatan Lingkungan Tempat Pengelolaan Pangan Kantin/Makanan Jajanan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Ningsih, R., Widyasari, O., dan Iriyani, K., Kesmas (2015) 2.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 356/Menkes/Per/IV/2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/Menkes/Per/VI/2011 Tentang Higiene Sanitasi Jasaboga.

Rahmadiani, R. A., Sulistiyani., dan Dewanti, N. A. Y., Jurnal Kesehatan Masyarakat (2016) 1.

Rizqi, S. N., Hestiningsih, R., Saraswati, L. D., Jurnal Kesehatan Masyarakat (2016) 4.

Yunus, S. P., Umboh, J. M. L., dan Pinontoan, O., JIKMU (2015) 2.




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v4i2.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Flag Counter

View My Stats