Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Medichal Check Up Di Klinik Medika Plaza Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan Tahun 2019

Robo Marliana Rahayu, Sri Siswani

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima (Perceived Cervice) dengan tingkat pelayanan yang diharapkan (expected cervice). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hubungan kualitas  pelayanan aspek responsiveness terhadap loyalitas pelanggan  MCU di klinik Medika Plaza kecamatan Pasar minggu Jakarta Selatan tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan rancangan potong lintang (cross sectional). Penelitian dilakukan di Klinik Medika Plaza Pasar Minggu pada  bulan juni – Juli 2019. Pengambilan sampel penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode total sampling , dimana seluruh pasien MCU menjadi sampel penelitian sebanyak 88 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara proporsi jumlah pasien yang loyal dan tidak loyal tidak terlalu besar, dimana pasien yang berpotensi loyal dengan pelayanan MCU di klinik medika plaza sebanyak 48 orang  (54,5%) dan yang tidak loyal sebanyak 40 orang (45,5%). Responsiveness berdasarkan aspek waktu tunggu, kemudahan layanan registrasi, keramahan, kemudahan informasi dan kenyamanan diperoleh p-value 0.001 dimana p value ≤ ɑ (0,05), yang artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel tersebut terhadap loyalitas pasien medical check up.

Kata Kunci             : Kualitas Pelayanan, Loyalitas, Kepuasan Pasien


Full Text:

PDF

References


Jayanti, N. D. (2016). Kualitas pelayanan Premium di RS tidar bantul yogyakarta. Jurnal skripsi FKM.

Newsletter. (2016). www.integra.co.id. Diambil kembali dari Medical Check Up: Https//www.integra.co.id/wp-conten/mcu-perusahaan.

Permenkes. (2014). Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Tentang Strandar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Departemen Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta.

Pohan. (2007). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Kesaint Blane, Bekasi.

Sari, Ratna. (2010). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Medichal Check Up Dengan Tingkat Pemenuhan Harapan Pejabat Bank BI. Jurnal Skripsi FKM.

Setiawan Supriadi. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa. Penerbit IPB Press: Bogor.

Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Ghozali.

Thamrin dan Tantri, F. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, F. (2012). Manajemen Jasa. Andi Offset: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v4i1.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Flag Counter

View My Stats