Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Di Puskesmas Cipayung Jakarta Timur Tahun 2017

Nermina Yikwa, Siti Masyitah

Abstract


Kinerja adalah penampilan hasil karya personil naik kuantitas maupun kualitas dalam suatu organisasi. Kinerja dapat merupakan penampilan personel maupun individu. Tujuan untuk mempelajari dan menjelaskan gambaran dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas di Puskesmas Cipayung Jakarta Timur tahun 2017. Metode Survei penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional yaitu mempelajari hubungan sebab akibat dalam waktu yang bersamaan dan diolah dengan analisis univariat dan bivariat (chi-sguare). Penelitian dilakukan pada semua petugas di Puskesmas Cipayung Jakarta Timur tahun 2017, dilakukan bulan Juli - Agustus 2017, dengan jumlah sampel 97 orang. Hasil penelitian univariat dapat dilihat bahwa hanya 19,6% petugas dengan kinerja kurang baik dan 80,4% petugas yang memiliki kinerja baik. Hasil analisis bivariat didapatkan variabel yang ada hubungan yaitu motivasi (p-value 0,044), dan variabel yang tidak terdapat hubungan umur (0,330), pengetahuan (0,580), pelatihan (0,960), dam fasilitas (0,101).

Kata kunci : Kinerja Petugas Puskesmas, Petugas, Puskesmas


Full Text:

PDF

References


Azrul Azwar, 2008, Pengantar Administrasi Kesehatan, Binarupa Aksara Jakarta.

Adrita Lamban, 2010, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Jakarta, Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Jakarta.

Gibson, James L, Ivancevich,John M & Donnelly,james H (1996). Organisasi: Perilaku struktur,proses. Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. Hani. (1996). Manajemen. Yogyakarta : BPFE.

Hastono, Sutanto Priyo (2010) Modul analisa data. FKM UI.

Ilyas,Yaslis (2001). Kinerja: Teori, penilaian dan penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Keputusan Menteri Kesehatan, 2009, Upaya Revitalisasi Pelayanan Kesehatan Puskesmas Dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan, http:///www.Depkes.co.id, Diakses 15 Desember 2008, Jakarta.

Kurniawati, 2011, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Bidan di Desa Kecamatan Sugi Borimaru Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah, Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Jakarta.

Lemeshow Stanley, dkk, 2007, Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Mathis, Robert. L., & Jackson, John.H. (2011). Manajemen sumber daya manusia edisi 10. (Diana Angelica, Penerjemah). Jakarta, Salemba Empat.

Notoatmodjo Soekidjo, 2009, Metodologi Penelitian Kesehatan, Cetakan 2, Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo,Soekidjo (2003). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo (2005). Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, S,P,(2003). Perilaku organisasi edisi kesepuluh, Jakarta: Gramedia,

Rosidin Yusup (2001) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan di kabupaten karawang, Tesis Pasca Sarjana FKM UI Depok.

Rumisis (2002). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan di kab indragiri hilir tahun 2002. Tesis Pasca Sarjana FKM UI Depok




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v2i2.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Flag Counter

View My Stats