Hubungan Pelayanan Kesehatan Medis dan Administratif dengan Tingkat Kepuasan Pasien Lansia di Puskesmas Kramat Jati
Abstract
Kata kunci: Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Administrasi, Lansia, Kepuasan
Full Text:
PDFReferences
Gurning FP. Dasar Administrasi & Kebijakan Kesehatan Masyarakat. Medan: K. Media; 2018.
Kementerian Kesehatan RI. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2018.
Auliani FD, Hermatin D. Tingkat kepuasan pada pasien lanjut usia terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskemas IDI Rayeuk. JSR. 2021;11(2):392-396.
Leo D, Arifin, Aripin S. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan lansia di Poli Lansia UPTD Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Al-Kharaj: J Islam Econ Bus. 2024;6(2):2508-2517.
Salfia, Yusran S, Saimin J. Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien: Studi kasus pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Kabupaten Bombana 2021. MARSI. 2021;5(2):221-230.
Rahayu RM, Siswani S. Hubungan kualitas pelayanan kepada kepuasan pasien medichal check up di Klinik Medika Plaza Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan tahun 2019. JUKMAS. 2020;4(1):47-57.
Puskesmas DKI Jakarta. Jumlah Kunjungan Lansia Tahun 2023. Jakarta: Puskesmas DKI Jakarta; 2023.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.
Algifari. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE; 2016.
Fadila RA, Sulastri E. Hubungan mutu pelayanan keperawatan kepada kepuasan pasien lansia poli penyakit dalam. JKP. 2023;13(26):110-119.
Nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika; 2014.
Afrioza S, Baidillah I. Hubungan tingkat kepuasan pasien kepada pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. J Nurs Pract Educ. 2021;1(2):169-180.
Kementerian Kesehatan RI. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan 1: Quality Assurance. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017.
DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v9i1.4998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.