Hubungan Pelayanan Kesehatan Medis dan Administratif dengan Tingkat Kepuasan Pasien Lansia di Puskesmas Kramat Jati

Sartika Putri Agustin, Budiharto Budiharto, Ahdun Trigono

Abstract


Pelayanan kesehatan adalah kebutuhan dasar bagi setiap individu, terutama bagi penduduk lanjut usia yang sangat memerlukannya. Kepuasan pasien menjadi indikator utama dalam menilai pelayanan kesehatan. Survei awal di Puskesmas Kramat Jati menunjukkan penurunan kunjungan pasien lansia dari Januari hingga Maret 2024. Dari sepuluh pasien lansia yang disurvei, enam menyatakan ketidakpuasan terhadap pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan medis serta administratif dengan tingkatan kepuasan pasien lansia di Puskesmas Kramat Jati. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian mencakup 17.445 pasien dengan sampel 100 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mengacu pada teori kepuasan SERVQUAL. Analisis data berupa analisis multivariat, bivariat, serta univariat. Dari analisis univariat memperlihatkan bahwasanya kelima dimensi kualitas pelayanan kesehatan berada dalam kategori baik : tangible (75%), reliability (74%), responsiveness (75%), assurance (75%), dan empathy (79%). Dari pengujian chi-square memperlihatkan hubungan signifikan antara semua dimensi kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien (p-value 0,000 < 0,05). Analisis multivariat mengungkap bahwa pelayanan administratif berhubungan paling signifikan dengan kepuasan pasien (Sig. 0,004 < 0,05, estimasi parameter 2,390). Dari hasil serta pembahasan, peneliti menraik sebuah kesimpulan yaitu adanya hubungan secar signifikan / bermakna antara pelayanan kesehatan medis serta administratif kepada kepuasan pasien lansia di Puskesmas Kramat Jati yang diukur dengan dimensi reliability, tangible, empathy, assurance, dan responsiveness, dimana variabel yang paling dominan yaitu variabel pelayanan administratif.

Kata kunci: Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Administrasi, Lansia, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Gurning FP. Dasar Administrasi & Kebijakan Kesehatan Masyarakat. Medan: K. Media; 2018.

Kementerian Kesehatan RI. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2018.

Auliani FD, Hermatin D. Tingkat kepuasan pada pasien lanjut usia terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskemas IDI Rayeuk. JSR. 2021;11(2):392-396.

Leo D, Arifin, Aripin S. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan lansia di Poli Lansia UPTD Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Al-Kharaj: J Islam Econ Bus. 2024;6(2):2508-2517.

Salfia, Yusran S, Saimin J. Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien: Studi kasus pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Kabupaten Bombana 2021. MARSI. 2021;5(2):221-230.

Rahayu RM, Siswani S. Hubungan kualitas pelayanan kepada kepuasan pasien medichal check up di Klinik Medika Plaza Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan tahun 2019. JUKMAS. 2020;4(1):47-57.

Puskesmas DKI Jakarta. Jumlah Kunjungan Lansia Tahun 2023. Jakarta: Puskesmas DKI Jakarta; 2023.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.

Algifari. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE; 2016.

Fadila RA, Sulastri E. Hubungan mutu pelayanan keperawatan kepada kepuasan pasien lansia poli penyakit dalam. JKP. 2023;13(26):110-119.

Nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Afrioza S, Baidillah I. Hubungan tingkat kepuasan pasien kepada pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. J Nurs Pract Educ. 2021;1(2):169-180.

Kementerian Kesehatan RI. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan 1: Quality Assurance. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017.




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v9i1.4998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.