Pengaruh Media Poster, Video Edukasi dan Permainan Puzzle terhadap Pengetahuan dan Sikap PHBS Pada Siswa SDN Cikampek Barat 1

Aulia Nur Rachma, Ratih Kurniasari, Eka Andriani

Abstract


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan tindakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Demam berdarah dengue, diare, cacingan serta reaksi terhadap makakan akibat buruknya sanitasi dan keamanan pangan dapat disebabkan oleh tidak menerapkannya perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media poster, video edukasi dan permainan puzzle terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa SDN Cikampek Barat 1, Karawang. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan pendekan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa-siswi SDN Cikampek Barat 1. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 30 sampel dari kelas 4 dan 5 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pada pengetahuan media poster diperoleh p-value 0,006 artinya pemberian edukasi berpengaruh pada peningkatan pengetahuan PHBS, sedangkan sikap diperoleh p-value 0,202 artinya tidak ada pengaruh. Pada media video edukasi diperoleh p-value 0,137 artinya pemberian edukasi tidak berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan sedangkan pada sikap p-value 0,005 artinya adanya pengaruh. Lalu pada media permainan puzzle diperoleh pengetahuan dengan p-value 0,015 dan sikap 0,027 yang artinya ada peningkatan pengetahuan dan sikap secara signifikan sesudah media diberikan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pada media poster terdapat pengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan sedangkan sikap tidak. Pada media video edukasi tidak terdapat pengaruh pada pengetahuan, sedangkan pada sikap terdapat pengaruh secara siginifikan. Selain itu, pada media permainan puzzle terdapat pengaruh secara signifikan pada pengetahuan dan sikap responden.

Kata kunci: PHBS, poster, video edukasi, Puzzle, Pengetahuan, sikap

Keywords


PHBS, poster, video edukasi, Puzzle, Pengetahuan, sikap

Full Text:

PDF

References


Lestari NE, Purnama A, Safitri A, Koto Y. Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pemilahan Sampah Pada Anak Usia Sekolah Melalui Metode Simulasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju. 2020;1(02).

Morika HD, Anggraini SS, Sandra R, Nofia VR, Afifah S. The Influence Of Health Education On The Level Of Knowledge Of Students About Clean And Healthy Living Behaviour (PHBS) At SDN 05 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman Regency. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory [Internet]. 2023; Available from: https://jurnal.syedzasaintika.ac.id

Ismaya N, Nurfatiah F, Sheila, Triyani S. Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 2023;8(2).

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. 2021.

Nurhidayah I, Asifah L, Rosidin U. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science. 2021;13(1).

Akbar F, Adiningsih R, Islam F, DN N. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sanitasi Profesional Indonesia. 2023;4(01).

Niruri R, Rakhmawati R, Saputri RN, Farida Y. Efektifitas Media untuk Peningkatan Pengetahuan dan Sikap pada Perilaku Hidup Bersih-Sehat Siswa Sekolah Dasar saat Adaptasi Kebiasaan Baru Era COVID-19. JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. 2023;8(3).

Hikmah E. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Mencuci Tangan Pada Anak di SD Taman Sukaria I Kota Tangerang. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan). 2019;6(1).

Yustisa FS, Aryana IK, Suyasa ING. Efektivitas Penggunaan Media Cetak dan Media Elektronika Dalam Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Siswa SD. 2014.

Alamar W. Pengaruh Edukasi Ceramah Menggunakan Media Pahat (Papan Sehat)Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak di Sekolah Dasar 72 Kota Bengkulu. 2022.

Naimah N, Setyaningsih W. Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Media Pop-up Book dan Poster Pada Anak Usia 6-12 Tahun di SD Kabupaten Malang. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal. 2021;5(2).

Sagita A, Kurniasari R, Sefrina LR. The Effect of Education Through Poster, Animation and Miniature on Obesity Knowledge in Elementary School Children. Jurnal Gizi dan Kesehatan. 2022;14(1).

Hanif F, Prasko. Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video dan Boneka Tangan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi. 2018;5(2).

Dewi Puspa Hardianti, Fenti Yulianti. Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi. 2021;2(1).

Nurwita S. Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2019;3(4).

Lestari R, Utari D, Iskandar R. Efektivitas Media Puzzle Dalam Meningkatkan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Siswa di SDN Purwobinangun Kalasan. Jurnal Indonesia Sehat: Healthy Indonesian Journal. 2022;1(2).

Notoatmodjo, Soekidjo, 2018. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sumartono, Hani Astuti, Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Universitas Bhayangkara, 2021.

Dityatulloh , S. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Kelas XI TEI SMK Negeri 1Labang Bakalan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 166 - 173.

Andrew Fernando Pakpahan, d. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan Media Poster Pelestarian Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA Tema 6 Subtema 3 . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan.

Tri Eka Andyani, Darwis. Pengaruh Permainan Edukatif Puzvid (Puzzle Covid) Terhadap Perilaku Protokol Kesehatan Anak SD Negeri 81 Kota Bengkulu. 2022

Barokah, A. Haryani, S. Syamsu. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perilaku Kooperatif Anak Usia prasekolah Selama Hospitalisasi Di RSUD Tugurejo Semarang.2019

Diah,. & Ery. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhdap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah Di SD 2 Jambi-dan Banguntapan Bantul. 2013

Hikmawaty Zainab, dkk. Pengaruh penyuluhan dengan media promosi Puzzle Gizi terhadap perilaku gizi seimbng pada siswa kelas 5 di SD Negeri 06 Posiakota Kendari. 2016

Kuswoyo. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bermain Puzzle Terhadap Sikap Anak Usia Sekolah (6-12) Tahun Tentang Penyakit ISPA di Kecamatan Ledokombo kabupaten Jember. Universitas Muhammdiyah Jember. 2013

Nurjanah, I. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bermain Puzzle Terhadap Motivasi Pencegahan Penyakit Cacingan Pada Anak Usia Sekolah.Universitas Muhammdiyah Jember. 2012.

Demitri A, Nasution E, Aritonang E. Pengaruh Pendidikan Gizi Tentang Pola Makan Seimbang Melalui Game Puzzle

Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak SDN 067690 Kota Medan. 2015

Heda Melinda N, Nataprawira, Dan I Wayan Andrew Handisurya. Efektivitas Intervensi Media Poster Terhadap Pengetahuan,Sikap, Dan Perilaku Masyarakat Mengenai Tuberkulisos Di Kecamatan Cimerak, Pengendaran, Jawa Barat. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat. 7 (4). 2018

Megawati1. Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal (GEEJ). 4 (2). 2017




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v8i2.4515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.