Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Dukungan Keluarga Dengan Tindakan Cuci Tangan Untuk Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Erna Sariana, Dwi Agustina

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: WHO sudah menetapkan Corona Virus Disease (COVID-19) sebagai pandemi. Meluasnya penyebaran COVID-19 di Indonesia mengakibatkan berbagai upaya pencegahan digalakkan, salah satunya melalui tindakan cuci tangan. Dari beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tindakan cuci tangan menggunakan pembersih, dinilai sangat penting kaitannya dengan upaya pencegahan penyakit covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga dengan tindakan cuci tangan dalam upaya pencegahan penyakit Covid-19 pada mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Metodologi: Jenis penelitian adalah deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang). Sampel adalah sebagian mahasiswa Sarjana Terapan Fisioterapi yaitu 120 orang, yang dipilih dengan metode proporsional random sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – September 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner melalui G-Form. Analisa data terdiri dari univariat, bivariat (uji Kai Kuadrat), dan multivariat (uji Regresi Logistik). Hasil penelitian: sebagian besar tindakan cuci tangan responden termasuk kategori baik (65,0%), responden memiliki pengetahuan tinggi (59,2%), sikap positif (57,5%), dan dukungan keluarga baik (56,7%). Hasil analisis bivariat, seluruh variabel memiliki hubungan bermakna dengan tindakan cuci tangan, yaitu pengetahuan (p = 0,013 dan OR = 2,827, sikap (p = 0,029 dan OR = 2,519), dan dukungan keluarga (p = 0,0001 dan OR = 7,649). Hasil analisis multivariat, faktor dominan paling tinggi yang mempengaruhi tindakan cuci tangan adalah pengetahuan (OR = 2,969). Saran: agar pihak kampus dapat memberikan pendidikan kesehatan, pemasangan pesan kesehatan di lingkungan kampus tentang pentingnya pencegahan Covid-19, menyediakan sarana cuci tangan yang mendukung.

 

Abstract

Introduction: WHO has established COVID-19 as a pandemic. The widespread spread of Corona Virus Disease (COVID-19) in Indonesia has led to various prevention efforts, one of which is through hand washing. From several scientific studies showing that the act of washing hands using a cleanser, is considered very important relation to efforts to prevent diseases that can be transmitted through hand media, such as covid-19 disease. The purpose of this study was to determine the relationship of the level of knowledge, attitudes, and family support with handwashing in the prevention of Covid-19 disease in students of the D-IV Physiotherapy Study Program at the Ministry of Health Jakarta III. Metodology: This type of research is descriptive with cross sectional design. Samples are 120 D-IV Physiotherapy students, who will be selected by proportional random sampling method. The research will be conducted in July - September 2020. Data were collected using a questionnaire given through the G-Form. Data analysis consisted of univariate, bivariate, and multivariate. The results of the study: most of the respondents washing their hands was in the good category (65.0%), the respondents had high knowledge (59.2%), positive attitudes (57.5%), and good family support (56.7%). The results of the bivariate analysis, all variables had a significant relationship with the act of washing hands in students, namely knowledge (p = 0.013 and OR = 2.827, attitude (p = 0.029 and OR = 2.519), and family support (p = 0.0001 and OR = 7,649) The result of multivariate analysis, the most dominant factor affecting the act of washing hands is knowledge (OR = 2.969). Suggestions: so that the campus can provide health education, post health messages in the campus environment about the importance of preventing Covid-19, provide washing facilities supportive hand.

 


Keywords


Cuci Tangan, Pencegahan, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Aidohealth. (2020). Cegah Infeksi Covid-19, Cuci Tangan Harus Pakai Sabun Khusus. Benarkah? www.google.com

Alodokter. (2020). Virus Corona (Covid-19). www.google.com.

BNPB. (2020). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 31 Mei 2020. www.google.com.

Effendi. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Pada Siswa Di SD Negeri 08 Lubuk Linggau. Journal of Nursing and Public Health. JNPH, Volume 7 N, 62–71.

Friedman. (2010). Buku Ajar Keperawatan Kerluarga :Riset Teori & Praktek. Alih bahasa oleh Achir Yani S. (E. Tiar (ed.)). EGC.

Green, L. (1980). Health Education Planning. A Diagnostic Approach. Mafield Publishing Company.

Hastono, S. (2012). Analisis Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Lestari. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Masyarakat Kelurahan Pegirian. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, Vol. 7 No., 1–11. https://doi.org/10.20473/jpk.V7.I1.2019.1-11

Norfai dan Anam. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan, Dukungan Orang Tua Dan Dukungan Guru Dengan Perilaku Cuci Tangan Yang Benar Di SDN Standar Nasional Pelambuan 4 Kota Banjarmasin Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa (JKMK). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php?journal=jkmk&page=index

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta.

Suparyanto. (2012). Konsep Sikap. http://dr-suparyanto.blogspot.com

Susilo. (2020). Coronavirus Disease 2019. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7, No. 1, 45 – 67.

Zahrotunnimah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7 No. 3, 247–260. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v5i2.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS)

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.