Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Pra Sekolah

Izattul Azijah, Asyifa Robiatul Adawiyah

Abstract


Status gizi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Keadaan kurang gizi terutama pada anak akan mengakibatkan terganggunya pertumbuhan fisik dan kecerdasan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan yang berhubungan dengan Status Gizi Anak Pra Sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak yang belajar di TK Mutiara 17 Agustus yang berjumlah 59 orang yang diambil secara keseluruhan atau menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan analisis multivatriat. Hasil analisis multivariat didapatkan terdapat 3 variabel yang mempunyai p value < 0,05 yaitu pendidikan ibu (p value = 0,027), cara penyusunan menu (p value = 0,015), dan cara pemberian menu (p value = 0,023). Berdasarkan penelitian ini diharapkan  bagi  ibu  untuk  meningkatkan  pengetahuan  dengan  selalu  mengikuti penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan khususnya status gizi anak dan Sekolah bekerjasama dengan pihak puskesmas setempat untuk dilakukan promosi atau edukasi tentang gizi pada anak prasekolah.

Kata Kunci             : Pendidikan Ibu, Pola Pemberian Makan, Status Gzi, Anak Pra Sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v5i1.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUKMAS : Jurnal Untuk Masyarakat Sehat

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.