Promosi Kesehatan Tentang Deteksi Dini CA Mammae Dengan Berbagai Media

rosa susanti susanti

Abstract


Kanker payudara banyak terjadi pada wanita. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran untuk deteksi dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja tentang deteksi dini terhadap ca mamae dengan media video, leaflet, power point dan  promosi tanpa media. Jenis penelitian  ini Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Pretest and Postest Four Group Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2020 dengan jumlah sampel 120 siswi SMKN 57 Jakarta kelas X, XI, dan XII. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan pada responden sebelum dan setelah  diberikan promosi kesehatan Deteksi Dini Ca Mamae. Uji statistic yang digunakan Wilcoxon dan Uji T berpasangan (T-Paired). Hasil penelitian didapatkan promosi kesehatan melalui audio visual  dengan nilai (p= 0,003) dan promosi kesehatan melalui leaflet dengan nilai (p=0,004). Uji statistik menunjukkan bahwa promosi kesehatan terhadap deteksi dini ca mamae terdapat perbedaan tingkat pengetahuan remaja terhadap deteksi dini ca mamae dengan menggunakan media video P Value 0,024, leaflet P Value 0,000 dan kontrol  Value 0,003. Sedangkan media Power Point tidak ada perbedaan tingkat pengetahuan remaja terhadap deteksi dini ca mamae P Value 0,423 > α (0,05).  penerapan promosi kesehatan dengan leaflet atau pun audio visual dalam upaya deteksi dini kanker payudara lebih efektif dibandingkan dengan power point.


Full Text:

PDF

References


RI, Pusat data dan informasi Kementrian Kesehatan. [Online] Oktober 2016. [Cited: Maret 1, 2020.] www.kemkes.go.id.

Yulianti D, Yudha KE, Hardiyanti A. Promosi Kesehatan Dalam Praktek Kebidanan . Jakarta : EGC, 2011.

Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual dan Leafleat Tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang SADARI di SMAN 1 Kampar. Alini, a & Indrawati. 2, s.l. : Jurnal Ners, 2018, Vol. II.

Efektifitas Media Promosi Kesehatan Kanker Serviks Terhadap Peningkatan Pengetahuan WUS. Masruroh, Cahyaningrum. 2, s.l. : Jurnal Kebidanan, 2019, Vol. XI.

Larasati, E. D. Efektivitas Penggunaan Media Promosi Kesehatan Vidio Yoga Dalam Meningkatkan Motivasi Kesehatan Wanita Usia Subur Tentang Kesehatan Reproduksi. Malang : University Of Muhammadiyah Malang, 2015.

Yogin, MufarrohaEfektifitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis: Studi Multi Situs di SMK An-Nur dan SMK Nurul. Surabaya : UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

Perbandingan Penggunaan Metode Penyuluhan Dengan dan Tanpa Media Leafleat Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita di Ponegoro . Ramadhanti, C. A. Adespin D. A & Julianti, H. P. 1, Semarang : Jurnal Kedokteran Diponegoro, 2019, Vol. VIII.

Efektifitas Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS. Sovia, S. 2, s.l. : Jurnal Of Helath Sciences and Research, 2019, Vol. I.




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v5i1.1069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUKMAS : Jurnal Untuk Masyarakat Sehat

Flag Counter

View My Stats