Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pengurus Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Primkop Kartika Lestarikan Perjuangan Bangsa Di Pusterad Jakarta Timur (Study Kasus: Primkop Kartika Lestarikan Perjuangan Bangsa PUSTERAD)
dian mediyana rahayu, Rushadiyati Rushadiyati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Primkop, pengaruh kinerja pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota Primkop, pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja pengurus koperasi secara bersama-sama terhadap kepuasan anggotaPrimKop Kartika Lestarikan Perjuangan Bangsa Di PUSTERAD Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi 312 anggota dan responden yang dijadikan sampel sebanyak 175 anggota. Informasi diperoleh melalui penyebaran kuesioner di PrimKop dari 175 kuesioner yang dibagikan, kuesioner dapat diproses sebanyak 175 kuesioner atau sebanyak 100%. Model analisis yang digunakan adalah model deskriptif dengan SPSS Versi.20. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). terdapat pengaruh positifdan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Primkop, 2). terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota Primkop, 3). terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan kinerja pengurus koperasi secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota Primkop.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan. Kinerja, Kepuasan Anggota.