PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CV PARAHYANGAN EXPRESS JAKARTA TIMUR
Abstract
Kondisi persaingan saat ini, setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang sangat maju seperti sistem online. Persaingan bisniss penting bagi perusahaan untuk membangun rasa percaya pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan , dan Salah satu bentuk persaingan adalah menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Tujuan penelitian mengetahui hubungan Kepercayaan dan kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan CV Parahyangan Express Jakarta Utara. Metode penelitian Kuantitatif rancangan crosectional kepada 41 responden total populasi pelanggan CV Parahyangan Express Jakarta Utara. Teknik analisis menggunakan uji Faliditas, Reabilitas, Koefisien, Korelasi Berganda, Determinasi, Regresi Berganda, Uji F, dan Uji t. Hasil Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan berdasarkan koefisien regresi α 0,05 diperoleh t hitung kepercayaan sebesar 3.496>2,022, maka nilai thitung > ttabel nilai p 0,001<0.05, Jadi dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan memiliki hubungan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan hasil perhitungan koefisien regresi α 0,05 diperoleh t hitung sebesar 7,028 nilai t tabel sebesar 2,022, maka nilai thitung > ttabel nilai p 0,001 artinya ada hubungan signifikan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan. Uji Regresi Berganda menunjukkan bahwa Kepercayaan memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap loyalitas Pelanggan, sedangkan variabel kualitas pelayanan berkontribusi sebesar 39,9% terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil Uji Regresi ini membuktikan bahwa Loyalitas Pelanggan berhubungan dengan faktor Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan. Kualitas Pelayanan memiliki hubungan yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa persentase kontribusi faktor Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan secara bersama-sama sebesar 60,0%. Simpulan kepercayaan dan kualitas pelayanan berhubungan dengan loyalitas pelangan CV Parahyangan Express Jakarta Timur.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jam.v7i2.64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.