Pengaruh Keahlian, Kejujuran dan Identifikasi Selebriti Terhadap Niat Pembelian Produk Sepatu Olahraga yang di Endors

Fahmi Rachmat Setyawan, Soni Harsono

Abstract


Penelitian ini menyelidiki pengaruh keahlian, kejujuran, dan identifikasi selebriti terhadap niat pembelian konsumen terhadap produk sepatu olahraga. Sampel dalam penelitian ini adalah berusia minimal 17 tahun dan tertarik untuk membeli sepatu Ortuseight setelah melihat celebrity endorser di Instagram, TikTok, dan YouTub. Penelitian ini melibatkan sejumlah 120 responden dengan teknik sampling menggunakan puroposive sampling dan  Warp PLS sebagai alat analisa. Bertindak sebagai endoser sepatu olah raga adalah dr.Tirta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keahlian, kejujuran, dan identifikasi selebriti berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian konsumen terhadap produk sepatu olahraga. Penting bagi pemiliki merek untuk memilih endorser yang sesuai dan kredibel dalam kegiatan promosi produk.

Full Text:

PDF

References


Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Busthami, A., Nurhajati, & Wahono, B. (2020). Pengaruh Selebriti Endorse (Raisa Adriana) Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eskrim Magnum Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 232–244.

Dianti, Y. (2017). No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Isyanto, P., Sapitri, R. G., & Sinaga, O. (2020). Micro influencers marketing and brand image to purchase intention of cosmetic products focallure. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(1), 601–605. https://doi.org/10.5530/srp.2020.1.75

Kucharska, W., Confente, I., & Brunetti, F. (2020). The power of personal brand authenticity and identification: top celebrity players’ contribution to loyalty toward football. Journal of Product and Brand Management, 29(6), 815–830. https://doi.org/10.1108/JPBM-02-2019-2241

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134

Review, I., Vol, M., Sertoglu, A. E., Catli, O., & Korkmaz, S. (2014). Examining the Effect of Endorser Credibility on the Consumers ’ Buying Intentions : An Empirical Study in Turkey. 4(1), 66–77.

Ridha, A., Perdana, A. H., & As’ad, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram Untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resource, 1(1), 86–96. https://doi.org/10.33096/jer.v1i1.61

Sapti, M., Pancapalaga, W., Widari, W., Rambat, R., Suparti, S., Arquitectura, E. Y., Introducci, T. I., Dia Xiaoxia, Iv, T., Teatinas, L. A. S., Conclusiones, T. V. I. I., Contemporáneo, P. D. E. U. S. O., Evaluaci, T. V, Ai, F., Jakubiec, J. A., Weeks, D. P. C. C. L. E. Y. N. to K. in 20, Mu, A., Inan, T., Sierra Garriga, C., … Evvyani, L. (2019). No Analysis of the covariance structure of health-related indicators in elderly living at home, with a focus on subjective sense of health.Title. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 53(1), 1689–1699.https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106%0A

Shezi, N. (2022). Investigating the Role of Credibility of Sports Celebrity Endorsers Influencing Sports Celebrity Identification and Purchase Intention of Endorsed Brands. Market-Trziste, 34(1), 41–57. https://doi.org/10.22598/mt/2022.34.1.41

Wan Mat, W. R., Kim, H. J., Abdul Manaf, A. A., Phang Ing, G., & Abdul Adis, A. A. (2019). Young Malaysian consumers’ attitude and intention to imitate Korean celebrity endorsements. Asian Journal of Business Research, 9(3), 1–23. https://doi.org/10.14707/ajbr.190065

Warmbrod, J. R. (2014). Reporting and Interpreting Scores Derived from Likert-type Scales. Journal of Agricultural Education, 55(5), 30–47.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i4.5632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.