Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review dan Voucher Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fahreza Putra Rafliansyah Kurnia, Mas Oetarjo, Satrio Sudarso

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Live Streaming, Online Customer Review dan Voucher Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan pengumpulan data melalui kuesioner terdiri dari 100 responden yang dipilih melalui teknik non-probability sampling. Analisis data diolah menggunakan program Smart PLS 4.0 dengan teknik analisis yaitu outer model, inner model dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat diketahui Live Streaming, Online Customer review dan Voucher Gratis Ongkir berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Full Text:

PDF

References


C. Melisa, J. Tumiwa, and S. Y. V. I. Goni, “Perubahan Gaya Hidup Mahasiswa Fisip Unsrat Terhadap Belanja Online,” J. Ilm. Soc., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2022.

E. Z. Zed, Y. R. Ratnaningsih, D. Tri, and M. Kartini, “Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang,” J. Mirai Manag. , vol. 8, no. 2, pp. 436–452, 2023.

F. E. Christy, “No TitlePrediksi Angka Pengguna E-commerce di Indonesia 2024,” data.tempo.co. [Online]. Available: https://data.tempo.co/data/909/prediksi-angka-pengguna-e-commerce-di-indonesia-2024

A. I. Yulianti, N. R. Maharani, and Yusmaneti, “Pengaruh Harga dan Kualitas Fitur Shopee Live terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee,” J. Bisnis Manaj. dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 6–13, 2023, [Online]. Available: http://ojs.udb.ac.id/index.php/BISMAK/article/view/2567

A. Ahdiat, “Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023, Shopee Kian Melesat,” databoks. Accessed: Mar. 18, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/tren-pengunjung-e-commerce-kuartal-iii-2023-shopee-kian-melesat

S. V. Kamanda, “Pengaruh Fitur Live Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pelanggan E-Commerce Shopee,” J. Al-Amal, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2024.

S. Dinova and Suharyati, “Pengaruh Live Streaming Shopping dan Flash Sale Terhadap Pembelian Implusif Pengguna Shopee di Kecamatan Jatinegara,” J. Young Entrep., vol. 2, no. 4, pp. 88–102, 2023.

I. Komariyah et al., “Jurnal+Imatul+Musytari,” vol. 4, no. 3, pp. 19–38, 2024.

S. R. I. Lestari, “Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Desain Web Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Jakarta Pusat,” Neliti.Com, p. 70, 2021, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/497462/pengaruh-live-streaming-brand-awareness-desain-web-dan-brand-image-terhadap-kepu

M. Anasrulloh, M. A. W.H., and H. N. Haliza, “Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Market Place Shopee,” J. Ilm. Ecobuss, vol. 12, no. 1, pp. 13–18, 2024, doi: 10.51747/ecobuss.v12i1.1728.

S. Rahmayanti and R. Dermawan, “Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 337–344, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.2451.

A. I. Rahmawati, “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang),” J. Ilm. Manaj. Bisnis dan Ekon. Kreat., vol. 1, no. 1, pp. 18–23, 2021, doi: 10.26877/jibeka.v1i1.3.

W. N. Aisyah et al., “SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Pengaruh Tagline Shopee ‘Gratis Ongkir Xtra’ Terhadap Minat Belanja Online (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam),” Surpl. J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 12–22, 2022.

Y. Dwitama, S. Safrianti, K. Bengkulu, and P. Korespondensi, “Pengaruh Penilaian Produk , Gratis Ongkos Kirim , dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pria di E-Commerce Shopee di Kota Bengkulu,” vol. 5, no. 1, pp. 107–116, 2024.

N. Yulistiyani, A. Afwa, and A. Puspita, “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 18, no. 1, p. 20, 2024, doi: 10.35931/aq.v18i1.2971.

A. R. Pradana, V. Didiek, and W. Aryanto2, “Pengaruh Live Streaming, Discount, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang),” vol. 5, no. 1, 2024.

I. Ajzen, “Perceived behavioral control, self-efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior,” J. Appl. Soc. Psychol., vol. 32, no. 4, pp. 665–683, 2002, doi: 10.1111/j.1559-1816.2002.tb00236.x.

A. Misbakhudin and N. Komaryatin, “Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 12, no. 2, pp. 293–307, 2023, doi: 10.46367/iqtishaduna.v12i2.1572.

S. Bs, Arizal N, and Ririn Handayani, “Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” J. Manaj. dan Bisnis Terap., vol. 5, no. 2, pp. 78–83, 2023, doi: 10.31849/jmbt.v5i2.14231.

Y. S. Nuraeni and D. Irawati, “Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi),” Procur. J. Ilm. Manaj., vol. 9, no. 4, pp. 439–450, 2021, doi: 10.35145/procuratio.v9i4.1704.

A. Fadhila and N. Andri, “Pengaruh Celebrity Endorse , Live Streaming , dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Shopee (Studi Remaja di Solo Raya),” vol. 6, no. 1, pp. 56–70, 2024.

D. A. Sudiarto and R. Ambarwati, “Eksplorasi Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian Di Aplikasi Tiktok : Celebrity Marketing , Live Streaming , Dan Viral Marketing,” vol. 8, no. 1, pp. 167–176, 2024, doi: 10.29408/jpek.v8i1.24307.

E. P. Febriani and T. Sudarwanto, “Pengaruh Brand Image Dan Live Streaming Marketing Di Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 21, pp. 290–303, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.10076889

F. Nahera and T. Y. Evelina, “Pengaruh Online Consumer Review dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee di Kota Malang,” J. Apl. Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 14–19, 2023.

H. Herman, E. Maszudi, R. S. Hamid, P. Dewintari, and A. Aulia, “Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram,” Jesya, vol. 6, no. 2, pp. 1348–1358, 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i2.1059.

M. Kusumar, “Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Shoppe,” J. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 405–423, 2023.

N. Agesti, M. S. Ridwan, and E. Budiarti, “International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding The Effect of Viral Marketing , Online Customer Review , Price Perception , Trust on Purchase Decisions with Lifestyle as Intervening Variables in the Marketplace Shopee in Surabaya C,” Int. J. Multicult. Multireligious Underst., vol. 8, no. 3, pp. 496–507, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i3.2526

P. M. Shafa and J. Hariyanto, “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi),” J. Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Indones., pp. 1–18, 2020.

G. Razali, D. Andamisari, and J. Saputra, “Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” Citiz. J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 3, pp. 482–491, 2022, doi: 10.53866/jimi.v2i3.132.

K. Sarumpaet, P. S.-I. J. O. Social, and undefined 2024, “Pengaruh Live Streaming Onlineshop Dan Layanan Gratis Ongkir Terhadap Minat Keputusan Pembelian Produk Fashion Toko Onlineshop Shopee,” J-Innovative.Org, vol. 4, pp. 5101–5117, 2024, [Online]. Available: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9931

Reza Alfarozi Ritonga and Taufiq Risal, “Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop (Studi Pada Pengguna Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama),” Digit. Bisnis J. Publ. Ilmu Manaj. dan E-Commerce, vol. 2, no. 1, pp. 73–91, 2023, doi: 10.30640/digital.v2i1.643.

E. Candra and Ketut Sunaryanto, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Bus. Invest. Rev., vol. 1, no. 5, pp. 109–117, 2023, doi: 10.61292/birev.v1i5.53.

Y. Andrianas, L. Tulhusnah, and Y. Praja, “Lusiana Tulhusnah,” vol. 20, no. 1, pp. 22–36, 2022.

R. Alvarizi and D. Purnamasari, “Pengaruh Online Customer Review E-Wom Content Marketing pada Keputusan Pembelian UMKM Semarang melalui Tiktok,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 7, no. 3, pp. 430–436, 2023, doi: 10.35870/jtik.v7i3.899.

Y. Fauziah, F. Dwikotjo Sri Sumantyo, and H. Ali, “Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian,” J. Komun. dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 1, pp. 48–64, 2023, doi: 10.38035/jkis.v1i1.118.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i4.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.