Pengaruh Current Ratio Dan Debt Equity Ratio Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus : Di 13 Perusahaan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Subsektor Plastik Dan Kemasan Tahun 2014-2018)

Sholehah Sholehah, Kwarnanto Rohmawan P

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Equity (ROE) Perusahaan Sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018.

Populasi dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dua variabel, yang meliputi Current Ratio (X1) dan Debt to Equity Ratio (X2) sebagai variabel independen. Dan Return On Equity (Y) sebagai variabel dependen. Data yang digunakan penelitian ini adalah data sekunder, dengan cara mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dari idx berupa laporan keuangan tahun 2014-2018.

Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen adalah metode regresi berganda, dan uji asumsi. Hasil pembahasan menunjukan bahwa secara simultan variabel-variabel independen: Current Ratio dan Debt to Equity Ratio dengan uji f, secara bersama- sama berpengaruh terhadap Return on Equity. Hasil secara parsial dengan uji t, variabel Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Return on Equity.

 

Kata Kunci : Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v9i2.526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.