Marketing Digital Di Lembaga Sekolah

Gusti Adi Pranoto, Arifin M.M., Purwanto S.E.I., MBA

Abstract


Pada era digital saat ini, lembaga pendidikan berlomba-lomba untuk memperoleh keunggulan kompetitif dengan menerapkan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pemasaran digital melalui Instagram dalam meningkatkan jumlah siswa baru di sekolah-sekolah di Kecamatan Pringsewu, dari tingkat SD hingga SMA. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengelola Instagram sekolah. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan Instagram sebagai media pemasaran dengan peningkatan jumlah siswa baru. Sekolah-sekolah yang lebih aktif dan kreatif dalam menggunakan Instagram cenderung mengalami peningkatan jumlah siswa baru yang lebih signifikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan media sosial yang efektif sebagai bagian dari strategi pemasaran pendidikan di era digital.

Full Text:

PDF

References


Sudirman S, Mega Hastuti SW. Strategi Promosi Berbasis Digital Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru Di Lembaga Pendidikan LP3I Kota Kediri. Otonomi. 2021;21(2).

Hakim L, Nanda I, Bahtiar Y, Jasiah. DIGITAL MARKETING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN: PEMAHAMAN, PENERAPAN DAN EFEKTIFITAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 41 UTP SURAKARTA. 2021;1(01).

Hariadi S, Ni’mah M, Badruddin F. Media Jejaring Sosial dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan di Yayasan Fatahillah Sumberkerang Sebaung Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 2022;4(4).

Raya MochKF. Marketing Jasa di Institusi Pendidikan ( Analisis Pemasaran dalam Pendidikan ). Falasifa. 2016;7(1).

Neneng Nurmalasari, Masitoh I. Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. JurnalUnigalAcId. 2020;volume 4(3).

Bagaskara WG, Anasrulloh M. STRATEGI PEMASARAN ONLINE (DIGITAL MARKETING) GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS CUPANG DI SUMDE CUPANG TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA. 2023;2(7).

Hermawan H, Bimo WA. PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA). 2024;8(1).

Andriani D, Kamaruddin SA. Pemasaran. Inovasi dan Kreativitas dalam Ekonomi [Internet]. 2024;7(1):140–4. Tersedia pada: https://ojs.co.id/1/index.php/ike/article/view/702/833

Priangani A. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan. 2013;2(4).

Puspaningtyas ND, Maskar S, Dewi PS, Asmara PM, Mauliya I. PENINGKATAN DIGITAL MARKETING KARANG TARUNA DESA HANURA DALAM MEMASARKAN WISATA PASAR SABIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022;3(1).

Fika S, Salsabilla W, Batangriyan R. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis dan Pemasaran. 2020;10(September).




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i4.5228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.