Analisis Penerapan E-Ticketing Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pengguna Jasa PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar

Dewi Rispawati, I Gusti Agung Arista Pradnyani, Nila Rahayu, Mohammad Yanwar Doraq

Abstract


Perkembangan teknologi di era globalisasi yang cepat telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang transportasi. E-ticketing adalah salah satu inovasi di bidang transportasi yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan dengan meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Kepuasan konsumen dapat dicapai melalui pelayanan berkualitas. Kualitas informasi meliputi keterbacaan, kebenaran, ketepatan waktu, dan kelengkapan; kualitas sistem meliputi perangkat keras dan perangkat lunak yang membentuk suatu sistem informasi. Ketika pendapat pengguna tentang layanan yang mereka terima dan yang mereka inginkan dibandingkan, kualitas layanan adalah hasilnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana kepuasan pengguna terhadap layanan tiket online PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Lembar dipengaruhi oleh kualitas sistem, informasi, dan layanan. Hubungan antara variabel X1 (Kualitas Sistem), X2 (Kualitas Informasi), dan X3 (Kualitas Layanan) dan Variabel Y (Kepuasan Konsumen) dipastikan menggunakan pendekatan penelitian asosiatif. Sembilan puluh enam pelanggan PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Lembar memanfaatkan layanan transportasi feri sebagai sampel penelitian. Temuan investigasi menunjukkan bahwa kepuasan pengguna dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas sistem e-ticketing, informasi, dan layanan. PT ASDP Indonesia Ferry perlu menyediakan ruang informasi dan layanan aduan untuk membantu penumpang mendapatkan informasi yang jelas dan solusi atas masalah yang dihadapi saat menggunakan aplikasi, tetap menyediakan loket di pelabuhan untuk pembelian tiket, mengingat tidak semua orang memiliki HP berbasis Android atau sering menggunakan angkutan kapal laut sehingga tidak perlu menginstal aplikasi e-ticketing Ferizy. Penelitian ini menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel lain seperti kenyamanan, kepuasan penumpang, dan lokasi yang berhubungan dengan bidang pemasaran

Full Text:

PDF

References


Annisa, A., Mariatun, I. L., & Sholeh, Y. (2023). Pengaruh Penerapan E-Ticket terhadap Kepuasan Konsumen PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Kamal. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1743. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1461

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.

Gracz, L. (2023). The Use of Mobile Applications for Purchasing Tickets for Public Transportation in Poland. European Research Studies Journal, XXVI(Issue 4), 86–95. https://doi.org/10.35808/ersj/3274




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i3.4781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.