Strategi Alternatif Penetapan Harga Bisnis Geprek Bang Kumis Balam Sakti Pekanbaru (Studi Kasus Menu Baru Steak Geprek Bang Kumis)

Tengku Nala Cintia Miazara, Lie Othman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor strategi alternatif penetapan harga bisnis Geprek Bang Kumis Balam Sakti Pekanbaru dengan mengaitkan pada menu baru steak. Adapun dalam penelitian ini mencakup eksplorasi pada faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi penetapan harga pada menu baru dan eksplorasi strategi alternatif yang digunakan Geprek Bang Kumis dalam menetapkan harga pada menu baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan audio-visual. Dalam temuan didapatkan bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penetapan harga adalah tujuan pemasaran bisnis hingga pesaing. Strategi alternatif yang digunakan Geprek Bang Kumis adalah penetapan harga berdasarkan biaya dan pesaing, lokasi, perilaku konsumen dan harga kompetitor. Sebagai saran, pihak Geprek Bang Kumis Balam Sakti Pekanbaru bisa menggunakan beberapa strategi promosi untuk lebih memperkenalkan menu baru kepada calon pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Abadi, L. Y. (2016). Evaluasi Strategi Penetapan Harga Jual Dalam Bisnis Gourmet Land Cafe. performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 115.

Catriana, E. (2022). Hari Ini Mayoritas Harga Sembako Naik, Cabai Rawit Merah Tembus Rp 55.150 Per Kg. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/02/15/120303526/hari-ini-mayoritas-harga-sembako-naik-cabai-rawit-merah-tembus-rp-55150-per-kg

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi keti). Pustaka Pelajar.

Firmansyah, H., Nurrachmi, I., Umiyati, H., Ariyanto, A., Ranggana Putra, A., Rustandi, N., Trenggana, A., Syahputra, Rahayu, D., Suherman, A., Huda, A., Buhanudin, J., Pratiwi, C., Pertiwi, W., Fatira, M., & Yudawisastra, H. (2022). Teori Marketing. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Kolter, P. (2017). Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. 1–345.

Kotler, P. (1987). Marketing (Jilid 1). Penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2006). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 2 (edisi 12). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip - prinsip pemasaran Jilid 1 (Edisi 8). PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P., & Kevin L, K. (2009). Marketing Management (Pearson In).

Sapto, K., & Fuad, A. (2013). Panduan penelitian kualitatif.

Soedaryono. (2014). Manajemen pemasaran: Definisi Manajemen Pemasaran (1st ed.). Penerbit Andi.

Sugiyono, P. D. (2021). Model penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Swastha, B. (2010). Manajemen Penjualan (edisi 3). BPFE Yogyakarta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran Edisi 2 (2nd ed.). Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Penerbit Andi.

Yudi, Anugriaty, Atmi, Dhiana, & Sunimah. (2023). Konsep Dasar Manajemen Organisasi. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i4.4185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.