Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Bodycare Terhadap Online Customer Review Pada Marketplace
Abstract
Permintaan akan produk perawatan tubuh telah menjadi kebutuhan esensial bagi masyarakat secara universal, tak terkecuali bagi pria maupun wanita di segala rentang usia. Namun, memilih perawatan tubuh yang tepat bukanlahsesuatu yang sangat mudah untuk bisa mengetahui dan membandingkan kualitas setiap merek yang tersebar dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap kepercayaan dan loyalitas pengguna Bodycare yang pernah memberikan ulasan online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 266 sampel. Survei online dengan menggunakan kuesioner (Google Form) digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Brand Awareness, Brand Experience, Brand Image, e-WOM serta Purchase Decision berpengaruh signifikan terhadap Brand Trust dan Brand Loyalty.
Full Text:
PDFReferences
Afiya Rahmania dkk, M. (2022). Jurnal Analisis Manajemen pada Repurchase Intention Machine Translated by Google. Jurnal Analisis Manajemen, 11(1), 71–86.
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Effriena Brilliany, & Anton P.W. Nomleni. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Irwanto, L. R. H. (2020). Mengenal Arti Skincare dan Tahapan Merawat Kulit. Journal Komunikasi, 11(2), 119–128. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/viewFile/8366/pdf_1
Krisnayanti, & Sinambela, F. A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Loyalty pada Konsumen Fast Food Restaurants di Kota Batam. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(6), 679–684.
Mahisa, R. K., Sulhaini, & Darwini, S. (2019). Eness Telepon Seluler Merek Oppo (Studi Pada Pekerja Kantoran Di Kota Mataram. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mutiara Puspa Garini, Rosalia Wilda Cahyani, Yuyun Oktarina, D. H. A. (2020). Holistic Journal of Management Research Volume 2, No.1, November 2020. 2(1), 40–61.
Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Amdk Merek Aqua Di Kota Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453
Purwianti, L., Rusiana, N., & Pahlevi, R. (2023). Pengaruh Brand Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Dengan Mediasi Brand Preference, Brand Trust, Dan Brand Love Pada Generasi Z Dikota Batam. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(3). https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3259
Ramadhani, F. (2021). 10 Produk Perawatan Tubuh Terlaris Shopee dan Tokopedia: Krim Pemutih Kulit Masih Populer - Compas. Retrieved January 6, 2024, from compass.co.id website: https://compas.co.id/article/produk-perawatan-tubuh-terlaris/
Rasip, A., Kurniawan, H., & Syahrina, I. A. (2020). Hubungan antara Job Insecurity dengan Burnout pada Karyawan Outsourching Fifgroup Cabang Padang. Psyche 165 Journal, 13(2), 140–146. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.16
Sari, I., Rinawati, T., & Rizkiana, C. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Online Consumer Review (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Solusi, 20(2), 160. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5147
Yohana F. C. P. Meilani, I. B. M. P. B., & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676
DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i3.3934
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.