Peran Halal Center UTM Dalam Mengembangkan Literasi Halal Bagi UMKM Bangkalan

Faisol Salha, Moh. Karim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis peran yang dimainkan oleh Halal Center UTM dalam mengembangkan literasi halal bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami pengalaman dan perspektif stakeholder terkait, termasuk pelaku UMKM, perwakilan Halal Center UTM, dan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan responden yang dipilih secara purposif, pengamatan partisipatif, dan analisis dokumen terkait kegiatan yang dilakukan oleh Halal Center UTM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang peran yang dimainkan oleh Halal Center UTM dalam mengembangkan literasi halal bagi UMKM di Bangkalan. Dalam konteks ini, literasi halal mencakup pemahaman tentang sertifikasi halal, praktik-produksi yang halal, pemasaran halal, dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip halal. Temuan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi dan program pendidikan yang lebih efektif untuk memperkuat literasi halal di kalangan pelaku UMKM di Bangkalan. Selain itu, penelitian ini juga berpotensi memberikan masukan bagi pemerintah dan institusi terkait dalam merancang kebijakan dan program yang berfokus pada pengembangan sektor UMKM yang berbasis halal.

Full Text:

PDF

References


Cupian, C., Meilasari, K., & Noven, S. A. (2023). Pengaruh Sertfikasi Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Kasus Masyarakat Muslim di Kota Banjar). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 135-142.

Jayani, D. H. (2020). Berapa sumbangan UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Katadata. Co. Id, 1-6.

Khan, A., Arafat, M. Y., & Azam, M. K. (2022). Role of halal literacy and religiosity in buying intention of halal branded food products in India. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 287-308.

Mulyati, M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Halal dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor”(Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Rukin. Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Achmar Canekia Indonesia, 2019.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Standard, D. (2019). State of the global Islamic economy report 2019/20. Dubai International Financial Centre, 1-174.

Setyowati, A., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh literasi halal dan religiusitas terhadap minat konsumsi produk halal masyarakat kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 16(1), 108-124.

Wulandari, S. H., & Hasan, D. B. N. (2023). Analisis tingkat literasi label halal pengusaha umkm kerupuk di desa Dakiring (studi kasus desa dakiring, kecamatan Socah, kabupaten Bangkalan). Kaffa: Journal of Sharia Economic & Bussines Law, 2(1), 33-47.

Yuwana, S. I. P., & Hasanah, H. (2021). Literasi produk bersertifikasi halal dalam rangka meningkatkan penjualan pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 104-112.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i2.3833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.