Pengaruh Topik, Promosi dan Daya Beli Terhadap Keputusan Pembelian Buku (Studi Kasus : Buku Amji Attak Kisah Perjuangan Sang Bhayangkara Resimen Pelopor Brimob Polri)

Christina Salomita, Mariati Tamba, Nurminingsih Nurminingsih

Abstract


Kegunaan kegiatan ini yaitu untuk membuktikan dampak dari faktor-faktor ada dalam analisa ini mempengaruhi keputusan pembelian air minum Le Minerale di Kecamatan Sumber. Populasi penelitian adalah masyarakat Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang yang pernah membeli dan mengkonsumsi air minum Le Minerale. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Untuk membuktikan analisa dilakukan dengan teknik multiple regression. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa; 1) citra merek memiliki dampak negatif pada keputusan pembelian air minum merek Le Minerale di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang, 2) variabel kealitas produk dan iklan media sosial memiliki dampak positif pada keputusan pembelian air minum merek Le Minerale di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang, 3) variabel harga memiliki dampak positif tidak signifikan pada keputusan pembelian air minum merek Le Minerale di Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Pada hasil pengetesan uji determinasi memperlihatkan angka persentase 77,7% yang berarti keempat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mampu menjelaskan dengan angka persentase tersebut.

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Iklan Media Sosial dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agus Pratomo Andi Widodo, 2018. Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Nizamia Learning, Center, Bandung Alfons Taryadi. (2015). Taryadi, Alfons, dkk. 1999. Buku dalam Indonesia Baru. Jakarta: Yayasan Obor

Ananda Dwithar Yuniar, dkk. (2021). Book Chapter Literasi Digital: Tren, Tantangan dan Peluang

Anton Moeliono (1988) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka. Nugraha, Arys Hilman (2021) Menyelamatkan Perbukuan. Sekretariat Ikatan Penerbit. Indonesia. (IKAPI). Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). Buku Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif, 2017.

Bambang Trimansyah Editor Irma Susilowati,. (2022). Sejarah Perbukuan Kronik Perbukuan Indonesia Melewati Tiga Zaman .

Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Bill Joy. (2000, April). Majalah WIRED, Mengapa Masa Depan Tidak Membutuhkan Kita, Amerika Serikat

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Carla Mediana Irawati Putri. (2018). Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Studi pada Toko Eka Jaya Putra Bringharjo Yogyakarta . Universitas Sanata

Eugenia Rakhma & Monica Anggen. (2017). Harvey Mackay Ubah Krisis Jadi Bisnis

Gusti Putu Eka Kusuma, dkk. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis) .

Hellen Katherina. (2018, February). survei-nielsen-media-digital-dan-media-konvensional- saling-melengkapi

Hermawan Kartajaya. (2023). Link Youtube Dayakdreams, Fenomena buku cetak dan e book.

Howard Becker. (1986). Writing for Social Scientists: How to Start and Finish Your Thesis, Book, or Article.

J.J. Lee, K. H. K. (2021). Bagaimana sosial media dan ulasan online mempengaruhi perilaku pembelian buku cetak.

Johan Siprianus Daya. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk danCitra merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Sanndals dari PT Razer Brothers.Universitas Respati Indonesia .

Jonah Berger (2013) Contagious : Rahasia di Balik Produk dan Gagasan Yang Populer (Gramedia 2019)

K.K Lai, K. S. C. (2020). Evaluasi pengaruh harga, kualitas, dan ulasan online terhadap keputusan pembelian buku cetak.

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

MADN, Majelis Adat Dayak Nasional (2021). Sensus Orang Dayak di Indonesia .

Masri Sareb Putra (2004). Journal of Communicology Observing and Interpreting the Adagium of Books as the Crown of Print Media .

Moh. Alfanny Nasution, E. P. S. P. R. M. (2022). Pengaruh Iklan dan Brand Image Terhadap Daya Beli Konsumen pada PT. Olaga food Industri .

Muhammad Gigih Made P. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka

Paay, N. C. (2013). Efektivitas Foto Berita Head Line Media Cetak Dalam Menarik Perhatian Khalayak” (Survey pada : Pembaca Lepas Harian Seputar Indonesia

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, & Iwan Setiawan. (2022). Marketing 5.0 Teknologi untuk Kemanusiaan. Gramedia.

Pradipta, K. (2021). Pengaruh promosi penjualan, harga, dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia (studi pada mahasiswa Universitas Sanata Dharma).

Purwanti (2020) Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Pembelian Properti pada PT Cipta Inti Mandiri, Universitas Respati Indonesia Jakarta.

Situmeang, A. J. W. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape, .Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Supawi Pawenang. 2016. Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis. Surakarta.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Umar Santoso. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli (Studi pada Konsumen Transvision di Wilayah Jakarta Timur). Universitas Respati Indonesia

Wahyu M Kurnianto. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran dan KualitasProduk terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi Kemasan Merek Spesial SB Melalui Citra Merek dan Minat Beli (Stud Penelitian di CV. Unique Mandiri Perkasa).

Universitas Respati IndonesiaWarnadi dan Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Yohanes Priadi Wibisono, (2022). Dampak Promosi Melalui Vlog Terhadap Minat Beli Mahasiswa

Zubaidah Isa. (1972). Printing and Publishing in Indonesia: 1602-1970. Indiana University.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i4.3814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.