Green Packaging dan Green Advertising Milo UHT terhadap Purchase Intention

Rahayuningsih Rahayuningsih, Edi Nurtjahjadi

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemasan ramah lingkungan dan iklan ramah lingkungan terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan alat SPSS versi 21.0. Penelitian ini mengambil sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 90 orang dengan kriteria pemilihan responden dari populasi yang merupakan individu di Kota Cimahi yang belum pernah membeli Milo UHT. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemasan ramah lingkungan dan iklan ramah lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kebaruan dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh kemasan ramah lingkungan dan iklan ramah lingkungan terhadap minat beli dengan objek masyarakat yang belum pernah membeli Milo UHT dan lokus penelitian di Kota Cimahi.
Kata kunci: Kemasan Ramah Lingkungan, Iklan Ramah Lingkungan, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Agustini, M. Y. D. H. (2019). Green Marketing. LAP Lambert.

Alamsyah, I. A., Kristanti, M. M., & Erwita, M. A. (2022). Pengaruh Green Advertising dan Green Brand Image Terhadap Green Awareness dan Green Purchase Intention Pada Produk Runa Beauty di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA), 11(2), 152–160. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i2.4378

Arifin, S. (2022). Pengaruh Halal Green Packaging, Green Halal Product, Halal Green Perceived Value Terhadap Green Purchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1411–1424. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5559

Bi, C., Jin, S., Li, S., & Li, Y. (2023). Can green advertising increase consumers’ purchase intention of electric vehicles? An experimental study from China. Journal of Cleaner Production, 419. https://doi.org/10.1016/J.JCLEPRO.2023.138260

Christanto, B., Melisa, & Vikend Cu, M. (2023). Analyzing the Impact of Green Packaging, Green Products, and Green Advertising on Brand Love: The Case Study of Aqua Life. Ultima Management, 15(1).

Damayanti, E., & Nuvriasari, A. (2019). Pengaruh Green Packaging, Green Advertising, Green Perceived Value, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Body Shop. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 385–404. http: jim.unsyiah.ac.id/ekm

Darmawan, G. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). The Role of Green Packaging Mediates the Effect of Green Product on Purchase Intention of Starbucks Tumbler (Study at Starbucks GriyaSantrian). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(3), 128–134. www.ajhssr.com

Dimeila, S., & Farid. (2019). Pengaruh Selebriti Endorser Instagram Terhadap Minat Beli Followers. Prologia, 3(1), 247–254. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6247/4351

Foodreview Indonesia. (2023, June 19). Dairy Integrity. Foodreview Indonesia. https://issuu.com/pustakapangan01/docs/fri_edisi_6_2023

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.scribd.com/document/644946086/Ghozali-Edisi-9-pdf

Hasanah, N., & Handayani, W. (2020). The Influence of Green Product, Green Advertising and Green Trust to the Purchasing Decision of Skincare Himalaya Herbals in Palapa Department Store Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 14–22. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7459

Herman, L. E., Udayana, I. B. N., & Farida, N. (2021). Young generation and environmental friendly awareness: Does it the impact of green advertising? Business: Theory and Practice, 22(1), 159–166. https://doi.org/10.3846/btp.2021.12417

Iswanti, N. T., Hadi, S. P., & Pinem, R. J. (2021). Analisis Keputusan Pembelian AMDK Ades Ditinjau dari Green Advertising, Brand Image, dan Green Awareness (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro Konsumen Ades). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, X(3), 1355–1362.

Kim, W., & Cha, S. (2021). How Attributes of Green Advertising Affect Purchase Intention: The Moderating Role of Consumer Innovativeness. Sustainbility, 1–10. https://doi.org/10.3390/su

Kong, W., Harun, A., Sulong, R. S., & Lily, J. (2014). The Influence of Consumers’ Perception of Green Products on Green Purchase Intention. International Journal of Asian Social Science, 4(8), 924–939. http://www.aessweb.com/journals/5007

Lestari, E. R., Putri, H. K., Anindita, C., & Laksmiari, M. B. (2020). Pengaruh Green Product (Minuman Ramah Lingkungan), Green Advertising, dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Green Trust dan Implikasi Terhadap Minat Beli. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 1–10. https://jtp.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/841/1022

Nestlé Milo. (2023). MILO Indonesia. Nestlé . https://www.milo.co.id/paperstraw

Purbaningrum, E. A. G., & Ariestya, A. (2022). Revisiting pro-3r attitude mediating effect of green packaging on consumer purchase intention. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(4), 281–302. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp

Rahimah, A., Tanzil, R., & Hikmah, M. (2022). Peran Green Advertising terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(1), 104–120.

Salim, Y. U., & Widaningsih, S. (2017). Analisis Minat Beli Konsumen terhadap Program Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC) Bandung. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 521–527. www.infokursus.net/sie/rekap-jenkurkabkota

Santoso, I., & Fitriyani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(2), 147–158.

Saputri, I. A., Suwandari, L., & Rosiana, M. (2022). The Effect of Brand Attrativeness and Self Congruence on Purchase Intention: Customer Brand Identification as Mediating Variable (Study on Three Second Purwokerto). International Conference on Sustainable Competitive Advantage, 79–92.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (7th ed.). Wiley. www.wileypluslearningspace.com

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 1st ed.). Alfabeta.

Top Brand Award. (2023). Metodologi Survei. Frontier. https://www.topbrand-award.com/metodologi-survei

Winarno, S. H. (2019). Pengaruh Penerapan Green Advertising dan Harga Premiun Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 25–34.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v14i2.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.