Analisis Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pedagang Kuliner Bagya City Medan)

Victor Victor, Martin Martin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan terhadap peningkatan volume penjualan studi kasus pada pedagang kuliner bagya city Medan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, mulai dari Agustus 2022 sampai Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Responden penelitian ini adalah pedagang kuliner bagya city Medan yang berjumlah 34 (tiga puluh empat). Instrument yang digunakan berupa angket untuk mengumpulkan data dari variabel kemampuan berwirausaha, variabel pengetahuan kewirausahaan dan variabel peningkatan volume penjualan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t dan penghitungan koefisien determinasi. Penentuan hasil analisis deskriptif untuk variabel kemampuan berwirausaha, variabel pengetahuan kewirausahaan dan peningkatan volume penjualan berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan analisis secara parsial, kemampuan berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan studi kasus pada pedagang kuliner bagya city Medan. Berdasarkan analisis secara simultan kemampuan berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan pada pedagang kuliner bagya city medan medan.
Kata Kunci: Kemampuan Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, Peningkatan Volume Penjualan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i4.3744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.