Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Aneka Indo Mandiri dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening

Ericco Andreson, Denni Denni

Abstract


Harga dan citra perusahaan acapkali menjadi penilaian penting konsumen atas loyalitas dan kepuasan pelanggan  pada suatu produk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Hasil penelitian harga, citra perusahaan, memberikan efek positif dan berarti atas  loyalitas pelanggan. Harga memberikan efek positif dan berarti atas  kepuasan pelanggan. Citra perusahaan memberikan efek positif dan berarti atas  kepuasan pelanggan. Loyalitas pelanggan memberikan efek positif dan berarti atas  kepuasan pelanggan.Berdasarkan analisis jalur (path analysis) harga atas loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa harga memberikan dampak positif yang berarti secara tidak langsung atas loyalitas pelanggan  melalui kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji analisis jalur (path analysis) citra perusahaan atas loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa citra perusahaan memberikan dampak positif yang berarti secara tidak langsung atas loyalitas pelanggan  melalui kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci : Harga, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

S. Rahayu, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Obyek Wisata, Pertama. Palembang: Anugrah Jaya, 2019.

M. Indrasari, Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan, Pertama. Surabaya: Unitomo Press, 2019.

K. Rifa’i, Membangun Loyalitas Pelanggan, 1st ed. Jember: Pustaka Ilmu, 2019.

D. Fatihudin and M. A. Firmansyah, Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

M. A. Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

G. Kurniawan, Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce. Surabaya: Mitra Abisatya, 2020.

S. Bahri, U. R. Dhani, A. Yatiningrum, and I. Sisdianto, “Pengaruh kualitas jasa, harga, dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan jasa pengiriman,” J. Manaj. Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, vol. VIII, pp. 238–247, 2021.

K. Siadari, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Penggunaan Bni Mobile Banking Studi Kasus BNI Kantor Cabang Harmoni,” J. Manaj. Bisnis Dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 155–160, 2021.

F. X. W. S. Sulistiyanto, “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan Dan Citra Merekterhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Apotek‘Dela’ Di Semarang,” Pros. Semin. Nas. Call Pap., no. 1, 2015.

F. T. Abdullah, Thamrin dan, Manajemen Pemasaran, Cetakan Ke. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

A. Miranthi, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Penumpang New Atlas Taksi Semarang),” Diponegoro J. Manag., vol. 6, pp. 1–8, 2017.

W. Setiawan and K. Safitri, “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang beras batang gadis di agens. Riyadi melalui kepuasan konsumen sebagai variabeli ntervening,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. Akuntansi)|, vol. 3, no. 3, 2019.

N. K. Dewastuti, “Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Giant Kota Semarang),” Diponegoro J. Soc. Polit., pp. 1–7, 2017.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.