PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBYEK WISATA TAMAN REKREASI CIMALATI PASAWAHAN CICURUG SUKABUMI
Abstract
Pengelola jasa wisata Taman Rekreasi Cimalati, tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. berlokasi di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, yang memberikan kualitas pelayanan dan kepuasan para pengunjungnya dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Rekreasi Cimalati Sukabumi. sampel berjumlah 100 responden. Metode penelitian menggunakan rumus korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian adalah : koefisien korelasi rs = 0,992, hal ini menunjukan terdapat hubungan kuat, searah antara Kualitas Pelayanan (variabel X) dan Kepuasan Pengunjung (variabel Y), dengan koefisien determinasi (Kd) = 98,4%, artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung sebesar 98,4%, sisanya 1,6% dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sementara dari Hasil uji statistik diperoleh zhitung > zalpha = 9,86 > 2,45, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i2.313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.