Pembentukan Kultur Konsumtif Melalui eWOM Fashion di Instagram

Fakri Mursala, Nurbaiti Nurbaiti, Muhammad Ikhsan Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan faktor-faktor pembentuk dari electronic word of mouth di instagram yang mempunyai kaitan dengan kultur konsumtif atau masyarakat pengguna instagram. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan teknik etnografi virtual untuk melihat fenomena perkembangan secara real dalam media sosial atau dunia elektronik dengan metode pengumpulan data melalui observasi online,interview online,capture chatlogs,capturing screenshootyang dilakukan terhadap 3 pengguna akun instagram aktif dan 3 akun instagram penjual fashion yang kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil mengenai adanya fitur pendorong atau pendukung instagram dari pembentukan electronic word of mouth seperti fitur mention pada kolom komentar dan juga direct message untuk melakukan komunikasi kepada teman atau kerabat terdekat yang mempunyai kaitan dengan pembentukan kultur konsumtif untuk mengikuti trenddan tidak ingin ketinggalan dari teman lainnya.Penelitian ini menghasilkan temuan untuk dilakukan pengkajian lebih lanjut terkait dengan sifat dan perilaku generasi penerus yang banyak menggunakan media sosial dalam pergaulan pergaulan yang menjadi dasar dari terciptanya sifat konsumtif yang tidak baik.Hasil dalam penelitian ini dapat berkontribusi untuk melihat bagaimana cara dan teknik pemasaran yang dapat dilakukan dari sosial media instagram untuk perusahaan-perusahaan yang akan melakukan pemasaran di Instagram dengan memperhatikan desain serta konsisten dalam melakukan pembaruan postingan.

 

Kata Kunci : Konsumtif,electronic word of mouth,Fashion,Instagram


Full Text:

PDF

References


’Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672

Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145

Alawiyah, T., & Liata, N. (2020). Mall dan Perilaku Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, 1(2), 161–181.

Ayu, I. G., Melyanna, D., Rachmawati, I., Sm, M., & Ph, D. (2021). PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG ( Survei Pada Objek Wisata Bali Zoo Park ) E-WOM ’ S EFFECT ON VISITING INTERESTS AND ITS IMPACT ON VISITING DECISIONS ( Survey on Bali Zoo Park Tourism Objects ). 8(4), 3202–3209.

Azifa, S. R. (2021). PENGARUH PERAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG. In UIN SUSKA RIAU: Vol. Skripsi.

Basusena, Y. T. A., & Astiti, D. P. (2020). Word Of Mouth: Dahulu, Kini Dan Nanti. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 196. https://doi.org/10.24014/pib.v1i3.9855

Bilinski, P. (2022). The Content of Tweets and the Usefulness of YouTube and Instagram in Corporate Communication. European Accounting Review, 1–34. https://doi.org/10.1080/09638180.2022.2084759

Borchers, N. S. (2019). Social Media Influencers in Strategic Communication. International Journal of Strategic Communication, 13(4), 255–260. https://doi.org/10.1080/1553118X.2019.1634075

Demmers, J., van Dolen, W. M., & Weltevreden, J. W. J. (2018). Handling Consumer Messages on Social Networking Sites: Customer Service or Privacy Infringement? International Journal of Electronic Commerce, 22(1), 8–35. https://doi.org/10.1080/10864415.2018.1396110

Fadillah, D. (2015). Model Komunikasi “WOM” sebagai strategi pemasaran efektif. 15(September), 66–74.

fadly Hamidah.Marliyah, N. susanti. (2022). Tinjauan Sosiologi ekonomi perilaku konsumsi mahasiswa febi uin sumatera utara pada pasar virtual dalam perspektif ekonomi islam. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.

Gautama, V. A. (2022). User Generated Content pada Tiktok dan Penggunaannya di Kalangan Muda (Vivin Arbianti Gautama) User Generated Content pada Tiktok dan Penggunaannya di Kalangan Muda. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 1–13. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.3749/http

Hasanah, N., Anggraini, T., Daim Harahap, R., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam: Studi pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan. MES Management Journal, 2(1), 1–13.

Hazizah, S. N., & Padli Nasution, M. I. (2022). Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4). https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2557

Hendra, M. D., Muhammad Arif, & M. Hadi. (2022). Efektifitas Word of Mouth (Wom) Dalam Komunikasi Pemasaran Rotte Bakery Pekanbaru. Medium, 9(2), 119–135. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).7907

Hifziati, L. (2016). Pembentukan Kultur Konsumtif Melalui Ewom Kuliner Di Instagram. Jurnal Komunikator, 9(2), 70–80.

Irawan, D., & Suriadi, S. (2020). Komunikasi Dakwah Kultural di Era Millennial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18(2), 86–96. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v18i2.3383

Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 133. https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3939

Lelieveld, G. J., & Hendriks, H. (2021). The interpersonal effects of distinct emotions in online reviews. Cognition and Emotion, 35(7), 1257–1280. https://doi.org/10.1080/02699931.2021.1947199

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Liswandany, F., Supriyono, & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Lokasi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Dolan Kopi Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 71–80.

Meilinda, M., Lesawengen, L., & Waani, F. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.

Musyarofah, R. L., Utami, E. U., & Raharjo, S. R. (2020). Analisis Komentar Potensial pada Social Commerce Instagram Menggunakan TF-IDF. Jurnal Eksplora Informatika, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.30864/eksplora.v9i2.360

Newton, J. R., & Williams, M. C. (2022). Instagram as a Special Educator Professional Development Tool: A Guide to teacher-gram. Journal of Special Education Technology, 37(3), 447–452. https://doi.org/10.1177/01626434211033596

Nurbaiti, N., Harahap, M. I., & Nabila, W. (2022). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Membeli Produk Fashion Syariah: Studi Kasus Mahasiswi FEBI UINSU. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2265

Nurfika Agustin Idola Perdini Putri, S.Sos., M. S. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN IKLAN VIDEO DI INSTAGRAM HOUBII URBAN ADVENTURE PARK TERHADAP BRAND AWARENESS. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1849

Purwianti, L. (2021). Pengaruh Religiostik, EWOM, Brand Image dan Attitude terhadap Purchase Intention. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.31294/jeco.v5i1.9284

Putra, R. V., Salim, M., & Anggarawati, S. (2020). OPINION LEADERSHIP MEMODERASI eWOM INTENTION (STUDI PADA BOMBARU BAR DAN RESTO BENGKULU, INDONESIA). Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 165. https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.002

Rachmaniar, R., Prihandini, P., & Anisa, R. (2021). Studi Etnografi Virtual tentang Budaya Mahasiswa dalam Perkuliahan Online di Aplikasi Zoom. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 81. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.33777

Retno L.P. Marsud. (2021). Laporan Kinerja. Laporan Kinerja Ditjen MIGAS, 53(9), 1689–1699.

Rizky karina, N. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671

Rooselinda, A. I. M., & Harliwong, D. A. (2022). Manfaat Electronic Word of Mouth Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus:@ Afterglow. Thelabel). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 6(1), 1–16.

Rusli, C. A., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Dimediasi oleh Kepercayaan. 149–158. https://doi.org/10.33510/slki.2019.149-158

Stylos, N., Bigné, E., & Bellou, V. (2022). The affective impact of sightseeing bus tour experiences: using Affective Events Theory (AET) to examine length-of-stay and electronic word-of-mouth. Tourism Recreation Research, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/02508281.2022.2101273

Subagio, S. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN (FPOK) IKIP MATARAM. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 209–222.

Tri, I., Mustika, A., Umar, F., Niswaty, R., Guntur, M., & Baharuddin, A. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( EWOM ) terhadap Minat Belanja pada Aplikasi Shopee di Tingkat Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Perkembangan internet yang pesat telah menjadikan pangsa pasar yang meluas untuk berkum. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (JADBISFISH), 1(2), 117–124.

Trisnawati, T. Y. (2016). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. Jurnal The Messenger, 3(2), 36. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.268

Triwijayati, A. (2018). Kelas Sosial vs Pendapatan: Eksplorasi Faktor Penentu Pembelian Consumer Goods Dan Jasa. Jurnal Ekonomi, 23(2), 141–158. https://doi.org/10.24912/je.v23i2.365

Tyaswara, B., Rizkina Taufik, R., Suhadi, M., Danyati, R., & Bahasa Asing BSI Jakarta, A. (2017). Pemaknaan Terhadap Fashion Style Remaja di Bandung. Jurnal Komunikasi, 3(September), 2579–3292.




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.