Analisis Pengaruh Inovasi Pelayanan dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang di Asia Megamas Medan

Victor Victor, Shelly Nikita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh inovasi pelayanan dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha pedagang di Asia Megamas Medan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, mulai dari Agustus 2022 sampai Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Responden penelitian ini adalah pedagang di Asia Megamas Medan yang berjumlah 45 (empat puluh lima) pedagang. Instrument yang digunakan berupa angket untuk mengumpulkan data dari variabel inovasi pelayanan, inovasi produk dan variabel keberhasilan usaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial atau uji t dan penghitungan koefisien determinasi. Penentuan hasil analisis deskriptif untuk variabel inovasi pelayanan, variabel inovasi produk dan keberhasilan usaha berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan analisis secara parsial, inovasi pelayanan dan inovasi produk, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pedagang di Asia Megamas Medan. Berdasarkan analisis secara simultan inovasi pelayanan dan inovasi produk, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pedagang di Asia Megamas Medan.    

 Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Inovasi Produk, Keberhasilan Usaha


Full Text:

PDF

References


Abdulah, Fandi. (2015). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Tauko Medan. Universitas Sumatera Utara Medan.

Hisrich, Robert D & Petters, Michael P. (2011). Entrepreneurship. McGraw Hills: New York

Hubeis, Musa. (2012). Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis. Penerbit PT. Hecca Mitra Utama. Jakarta.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Indeks

Riduwan. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Part Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Rusiadi, et al. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Press

Raeni Dwi Santy. 2013. The Effects of Creativity and Innovation to Business Performance (Survey on the SMEs Trusmi Batik Center Cirebon) JBPTUNIKOMPP Raeni Dwi Santy. Arjuna Rizaldi 2016. Creative Industry to Increase the Competitive Strength of Small and Medium Enterprises (SMEs) (Case Study at Kampoeng Rajoet Binong Jati). International College Suan Sunandha Rajabhat University & National Academy of Management of Kyiv Ukraine

Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat 6.

Suryana. (2008). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi 3. Bandung: Salemba Empat

Suparyanto. (2012). Kewirausahaan Konsep dan Realita Pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

------------ (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough. (2018). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba empat.

Tjiptono, Fandy. (2011). Seri Manajemen Merek 01-Manajemen & Strategi Merek. Penerbit Andi, Yogyakarta.

victor, victor. (2021). KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADAMP EVENT PLANNERMEDAN. Jurnal Ilmiah Smart, V(1), 121–127.

Victor, V., & Viviana, V. (2022). SWOT Analysis as a Determinant of Marketing Strategy Case. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.36555/almana.v6i1.1751




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i1.3006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.