Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV.Karya Nusantara

Johan Wijaya, Triana Melinda Sinaga

Abstract


Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui adakah pengaruh internal dan eksternal kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada CV.Karya Nusantara . penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dimana agar membantu penliti untuk mencari seberapa besar sebab akibat yang akan berpengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada CV.Karya Nusantara . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara pembagian kuisioner berupa google form yang akan di bagikan dalam bentuk link kepada pelanggan CV.Karya Nusantara dengan jumlah responden adalah 50 responden yang hanya berlokasi di sumatera utara . Besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dapat di lihat dari uji determinan sebesar 34.2% dan sisa 65.8% merupakan sumber faktor lain yang dapat di jelaskan dengan variabel lainnya . Sebagai temuan bahwa bagi CV.Karya Nusantara belum memiliki kualitas alat dan harga yang belum cukup bersaing sehinngga kepuasan pelanggan menjadi berkurang dan penyewaan secara berskala berkurang , kedua permasalahan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan guna meningkatkan kualitas dan menciptakan harga yang lebih bersaing yang ada kaitannya dengan kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan , Harga , Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.

Herawati, N., Hidayat, A., & Suwarsito, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. In Jurnal Mitra Manajemen (Vol. 2, Issue 5). https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i5.157

Lina Sari Situmeang. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Oktarini, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 248. https://doi.org/10.32493/skr.v6i2.5541

Pratama, A. A. N. & E. C. (2021). Metodologi Penelitian Bisni Dengan Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Rohansyah Miswar. (2015). DAMPAK KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT BAHTERAMAS DAN ALIYAH). In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).




DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v13i1.2997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.